logo


Mantan Menlu AS Sebut Rezim Donald Trump Punya Banyak Bukti terkait Asal Usul Covid-19

Mike Pompeo mengklaim jika pemerintahan Presiden Donald Trump hampir saja berhasil membuktikan jika penyebaran virus Covid-19 bermula dari kebocoran di fasilitas laboratorium di Wuhan

15 Juni 2021 18:01 WIB

Mantan Menlu AS era Donald Trump, Mike Pompeo
Mantan Menlu AS era Donald Trump, Mike Pompeo istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Mantan menteri luar negeri AS Mike Pompeo mengklaim jika pemerintahan Donald Trump hampir saja berhasil membuktikan teori yang menyebut jika virus Covid-19 berasal dari kebocoran fasilitas laboratorium di Wuhan, China.

Dalam sebuah wawancara dengan Fox News pada Minggu (13/6), mantan menteri luar negeri pada era Donald Trump tersebut mengatakan bahwa pihaknya memiliki banyak bukti yang menunjukkan bahwa Institut Virologi Wuhan dengan sengaja mengembangkan virus yang mematikan tersebut.

"Kami memiliki gagasan yang sangat bagus mengenai apa yang terjadi di sana (Wuhan)," kata Pompeo.


Presiden Ceko Tolak Penarikan Pasukan NATO dari Afghanistan

"Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa ada kebocoran dari Institut Virologi Wuhan," tambahnya.

Ia mengklaim jika di bawah kepemimpinan Donald Trump, Amerika Serikat "hampir saja berhasil mengungkap" misteri terkait asal usul virus Sars-Cov-2 tersebut, dan bagaimana pemerintah China mencoba menutup-nutupi fakta.

Sebelumnya, Pompeo juga mengklaim bahwa laboratorium virus di Wuhan telah menjadi lokasi sejumlah proyek militer China dimana hal tersebut mereka rahasiakan sehingga tim peneliti dari WHO yang berkunjung untuk mencari petunjuk guna mengungkap asal usul Covid-19 tidak mengetahui hal tersebut.

"Apa yang dapat saya katakan dengan yakin adalah hal ini; kita tahu jika mereka terlibat dalam upaya-upaya yang terkait dengan (proyek) pasukan pembebasan rakyat China, di dalam laboratorium tersebut sehingga aktivitas militer dapat dilakukan sejalan dengan riset (virus)," ujar Pompeo pada bulan lalu.

Bertemu Joe Biden, Erdogan Bilang Keputusan Turki terkait Pembelian Alutsista Buatan Rusia Tidak Bisa Diubah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia