logo


Bertemu Joe Biden, Erdogan Bilang Keputusan Turki terkait Pembelian Alutsista Buatan Rusia Tidak Bisa Diubah

Presiden Turki mengatakan bahwa pihaknya tetap akan membeli senjata dari Rusia meski hal tersebut ditentang oleh AS

15 Juni 2021 15:00 WIB

Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden AS Joe Biden (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden bahwa keputusan Turki terkait pembelian sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia tidak akan berubah. Hal tersebut ia sampaikan saat menggelar pertemuan di sela KTT NATO yang diselenggarakan di Brussel, Belgia, pada Senin (14/6).

“Kami mengungkapkan pemikiran yang sama tentang S-400 kepada Presiden Biden seperti yang kami miliki sebelumnya, (kami) juga mengungkapkan pemikiran yang sama tentang proyek F-35,” kata Erdogan seperti dikutip Anadolu Agency.

Keputusan Turki yang merupakan salah satu anggota NATO untuk membeli sistem rudal pertahanan udara S-400 buatan Rusia telah memicu ketegangan dalam hubungan bilateral mereka dengan AS sejak 2019 lalu, ketika pengiriman pertama S-400 dari Rusia tiba.


Joe Biden Beri Persyaratan bagi Ukraina Jika Ingin Gabung dengan NATO

Meski AS berulang kali mendesak pemerintah Turki untuk membatalkan pembelian selanjutnya S-400 dan mulai menjatuhkan sanksi terhadap Ankara terkait hal tersebut, namun pemerintah Turki tetap tidak bergeming dan melanjutkan proses negosiasi pengiriman tambahan senjata buatan Rusia tersebut.

Namun, Erdogan sejauh ini masih meyakini jika tidak ada masalah dalam hubungan Turki-AS yang tidak dapat diselesaikan.

Presiden Ceko Tolak Penarikan Pasukan NATO dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia