logo


AS Kirim Tiga Kapal Perang Mereka untuk Gelar Operasi Maritim Rutin di LCS

Angkatan Laut AS mengatakan bahwa tiga kapal perang mereka saat ini tengah berlayar ke Laut China Selatan untuk menggelar operasi maritim rutin

15 Juni 2021 13:07 WIB

Kapal perang AS
Kapal perang AS Al Jazeera

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Angkatan Laut Amerika Serikat pada Selasa (15/6) mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan kapal induk USS Ronald Reagan ke Laut China Selatan untuk menggelar misi rutin mereka, ditengah meningkatnya tensi antara Washington dan Beijing.

"Di Laut China Selatan, grup penyerang tengah menggelar operasi keamanan maritim...dan latihan tempur maritim," kata Angkatan Laut AS, dikutip Reuters.

"Operasi kapal induk di Laut China Selatan merupakan bagian dari kehadiran rutin Angkatan Laut AS di Indo-Pasifik," tambahnya.


Presiden Ukraina Tegas Tolak Pembangunan Jalur Pipa Gas Nord Stream 2

Mereka menambahkan bahwa kapal induk USS Ronald Reagan tersebut akan ditemani oleh dua kapal perang AS lain, yakni USS Shiloh dan USS Halsey.

Seperti diketahui, Beijing menilai kehadiran militer AS di Laut China Selatan telah merusak kestabilan dan perdamaian di kawasan tersebut. Beijing juga menuding kapal-kapal perang AS sering melanggar batas wilayah teritorial mereka.

Beberapa tahun terakhir ini, China juga semakin meningkatkan aktivitas militer mereka di wilayah perairan tersebut, termasuk dengan membangun pulau buatan yang digunakan sebagai pangkalan militer mereka.

Sementara itu, meningkatnya kehadiran militer As di Laut China Selatan tersebut bertujuan untuk menunjukkan kepada Beijing bahwa tidak seluruh wilayah perairan tersebut merupakan wilayah teritorial China.

Ditutup Sejak Maret, Pintu Perbatasan AS-Kanada Segera Dibuka?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia