logo


Ditutup Sejak Maret, Pintu Perbatasan AS-Kanada Segera Dibuka?

Sejumlah pejabat AS dan Kanada dikabarkan akan melangsungkan pertemuan guna membahas mengenai langkah pembukaan pintu perbatasan kedua negara

15 Juni 2021 12:35 WIB

Perbatasan AS-Kanada
Perbatasan AS-Kanada CTV News

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sejumlah pejabat pemerintah Amerika Serikat dan Kanada pada Selasa (15/6) ini rencananya akan bertemu untuk membahas mengenai upaya pembukaan kembali jalur perbatasan antara kedua negara. Untuk diketahui, sejak Maret lalu AS dan Kanada sepakat menutup perbatasan kedua negara, kecuali untuk perjalanan esensial guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Sejumlah narasumber anonim, pada Senin (14/6) melaporkan kepada Reuters bahwa sejumlah petinggi asosiasi bisnis AS dan Kanada khawatir perpanjangan durasi aturan larangan perjalanan non-esensial di wilayah perbatasan akan membuat dampak buruk perekonomian semakin meningkat.

Jika melihat dari jadwal dan rencana awal, aturan pembatasan tersebut akan segera berakhir pada 21 Juni mendatang. Namun, para pelaku bisnis dan industri meyakini jika aturan tersebut kemungkinan akan diperpanjang.


Ada Kerusakan yang Bisa Sebabkan Kanker, Lebih dari 3 Juta Ventilator Buatan Phillips Ditarik

Pada Minggu (13/6), Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa dirinya telah berbincang dengan Presiden AS Joe Biden mengenai upaya pencabutan aturan larangan perjalanan antar kedua negara. Meski demikian, Trudeau menegaskan bahwa kedua belah pihak masih belum mencapai kesepakatan.

Sebelumnya, Reuters telah melaporkan bahwa para pejabat pemerintah dan pelaku industri penerbangan AS meyakini jika aturan pembatasan perjalanan internasional ke AS akan dicabut paling cepat pada awal Juli mendatang, bertepatan dengan hari kemerdekaan AS.

 

Presiden Ukraina Tegas Tolak Pembangunan Jalur Pipa Gas Nord Stream 2

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia