logo


Reshuffle Juga Menyasar Luhut

JK menjelaskan bahwa semua yang diangkat oleh presiden tentu masuk dalam wacana perombakan.

6 Mei 2015 15:14 WIB


JAKARTA JITUNEWS.COM - Bola liar dari isu perombakan susunan kabinet rupanya meluas hingga menyasar posisi Kepala Staf Kepresidenan. Jusuf Kalla (JK) adalah salah satu pihak yang menyampaikan hal tersebut.

Saat ditanya terkait posisi Luhut di lingkaran Kabinet Kerja, JK menjelaskan bahwa semua yang diangkat oleh presiden tentu masuk dalam wacana perombakan.

"Rumusnya, yang diangkat oleh presiden tentu bisa diganti oleh presiden," jawab JK saat menghadiri Seminar Proteksi & Monetasi Hak Kekayaan Intelektual para pekerja perfilman.


Politikus Demokrat: JK Tidak Yakin Jokowi Akan Ikut Campur, Apalagi Membela Moeldoko

JK pun menambahkan, terkait kapan waktu perombakan tersebut, maka publik diminta untuk bersabar. Sebelumnya, JK juga telah memberikan isyarat jika istana akan segera melakukan perombakan kabinet dalam waktu dekat. Beberapa pos kementrian yang menghambat laju kinerja pemerintahan Jokowi-JK menjadi pertimbangan utama untuk dibongkar.

Diyakini dalam waktu hingga tiga bulan atau bahkan lebih cepat, perombakan kabinet akan segara dilakukan. Saat ini laporan hasil kinerja para menteri pun sudah dikantongi baik oleh Jokowi maupun JK.

Isu reshuffle menyeruak seiring dengan melesetnya beberapa target program pemerintah dari waktu yang sebelumnya telah ditetapkan. Sektor ekonomi adalah sisi yang menjadi perhatian utama, tak heran jika perombakan pada kementerian bidang ekonomi didesak untuk segera dilakukan. Kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya berjalan dtempat dengan  kisaran empat persen. Padahal Jokowi menginginkan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai tujuh persen selama lima tahun. 

Persoalan yang tak kalah penting sehingga perlu untuk segera melakukan reshuffle ialah seringnya terjadi kesalahan dalam berkomunikasi. Seperti pada kasus Peraturan Presiden tentang penambahan uang muka mobil pejabat.

Tanggapi Sindiran Hasto, JK Singgung Keputusan SBY Naikkan BBM Tanpa Ada Demo

Halaman: 
Penulis : Syukron Fadillah, Vicky Anggriawan