logo


Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi yang Sangat Mudah

HP Xiaomi memang dikenal cepat boros, apalagi ditambah dengan panas berlebih yang akan mempercepat kerusakan pada HP

15 Juni 2021 09:44 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - HP Xiaomi memang dikenal cepat boros, apalagi ditambah dengan panas berlebih yang akan mempercepat kerusakan pada HP. Agar bisa terhindar dari hal tersebut, berikut adalah cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi untuk Anda.

Para pengguna HP tentunya sudah biasa dengan kejadian HP panas dan baterai cepat habis. Bukan hanya Xiaomi, namun juga ada banyak jenis HP lainnya yang juga mengalami hal serupa. Namun, setiap merek memiliki ketahan baterai berbeda-beda. Hal itu juga mempengaruhi suhu panas yang dihasilkan.

Dilansir dari Angkasa.co.id, Xiaomi merupakan jenis merk HP Android tipe cukup berkelas, juga memiliki harga yang terjangkau. Tak hanya itu saja, namun fiturnya juga cukup mengesankan.


Situasi Covid-19 Taiwan Bisa Hambat Rantai Pasokan Chipset Global

Berikut ini Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Meski memiliki kualitas yang baik, nyatanya HP ini tentunya memiliki kekurangan sendiri. Dimana jika sudah digunakan terus menerus baterainya bisa berkurang dengan cepat. Dengan mengurangi multitasking, bisa mengurangi panas berlebih pada baterai.

Namun selain itu, masih ada beberapa cara mengatasi baterai Xiaomi cepat habis lainya yang tak kalah bagus. Dengan menggunakan cara ini, baterai bisa bertahan dalam suhu standar dan tidak terlalu panas. Berikut cara yang bisa Anda gunakan.

Mematikan Smartphone Ketika Charging

Cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi dengan mematikan saat charging. Memang cara yang satu ini sering dianggap biasa sehingga sering diabaikan. Namun, dengan mematikan smartphone ketika di cas akan membuat baterai lebih mudah terisi penuh. Selain itu, panas yang dihasilkan ketika mengisi daya tidak berlebihan.

Berbeda jika Anda menggunakan HP ketika sedang dicas, pastinya akan timbul panas berlebih pada baterai. Hal ini nantinya akan memperburuk kondisi HP sehingga cepat rusak dan mengakibatkan baterai bocor. Sehingga akibatnya baterai cepat habis.

Mengurangi Tingkat Kecerahan Layar

Dengan mengurangi tingkat kecerahan layarnya, Anda bisa sekaligus menghemat daya. Selain itu, panasnya juga tidak berlebih. Anda bisa mengatur kecerahannya pada saat diperlukan saja. seperti ketika Anda sedang berada di siang hari Anda bisa menaikan kecerahan. Ketika di ruangan yang gelap atau malam hari Anda bisa menurunkan kecerahannya.

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Kelihatanya jika menggunakan wallpaper bergerak memang keren. Namun, sebenarnya menggunakan live wallpaper memakan banyak daya HP dan memori RAM android.

Mematikan Data Ketika Tidak Digunakan

Cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi yang lain adalah, dengan mematikan data ketika tidak dipakai. Anda bisa menggunakan internet sewajarnya. Jika diperlukan Anda bisa menghidupkannya, dan bila sudah tidak diperlukan maka segera matikan.

Dengan begitu, Anda bisa menghemat kuota internet sekaligus baterai. Karena RAM yang aktif online juga akan terus berjalan ketika data masih menyala. Artinya, daya akan terus dikuras sampai RAM tersebut ditutup.

Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Background

Jika Anda menggunakan cara ini, maka khususkan untuk aplikasi yang memakan RAM terlalu banyak. Seperti game, dan aplikasi sosial media. Aplikasi seperti itu, akan terus beroperasi dan berjalan di balik layar, walau Anda tidak membuka aplikasi tersebut. Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengaktifkanya.

Mengurangi Menggunakan Widget

Walau tidak penting, nyatanya ada banyak widget yang dipasang di home screen Android. Anda bisa memasang widget tanggal dan waktu saja, yang lainya tidak perlu. Anda perlu mengurangi widget yang tidak penting. Dengan begini, baterai dan RAM Anda bisa selamat.

Jangan Terlalu Lama Menonton Video dan Bermain Game

Cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi lainya, dengan mengurangi menonton video dan game. Karena nyatanya, kedua aktivitas inilah yang paling banyak menguras baterai. Apalagi casing xiaomi memiliki bahan metal, sehingga bisa menimbulkan panas berlebih.

Memang menonton video dan bermain game itu menyenangkan, namun Anda juga perlu membatasi waktu penggunaanya. Hal ini juga bertujuan baik untuk Anda dan smartphone Anda. Anda bisa mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan bermanfaat lainya.

Itulah, Cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi yang bisa Anda gunakan. Pastikan selalu, HP dalam kondisi baik sehingga juga bisa menggunakannya dengan baik. Dengan begitu, kegiatan Anda yang membutuhkan smartphone bisa berjalan dengan lancar.

AS Keluarkan UU Buat Genjot Inovasi Teknologi, China: Mentalitas Perang Dingin

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata