logo


PM Inggris Sebut Biden Akan Sampaikan Pesan Tegas saat Bertemu dengan Putin

PM Inggris berharap Presiden AS Joe Biden akan menyampaikan pesan tegas kepada Presiden Vladimir Putin saat keduanya bertemu di Jenewa, Swiss, pada pekan ini

14 Juni 2021 19:30 WIB

forbes.com

LONDON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa Presiden AS Joe Biden akan menyampaikan sejumlah "pesan tegas" kepada Presiden Rusia saat keduanya bertemu pada pekan ini. Johnson juga mengatakan bahwa sejauh ini hubungan London dengan Moskow masih belum mengalami peningkatan.

"Saya selalu berharap bahwa situasi kami dengan Rusia akan mengalami peningkatan, tapi...saya khawatir itu belum terjadi sejauh ini. Dari sudut pandang (pemerintah) Inggris, hal ini sangat disayangkan," kata Boris Johnson pada Senin (14/6) saat tiba dalam KTT NATO, dikutip Reuters.

Joe Biden dan Vladimir Putin diketahui akan menggelar pertemuan pada Rabu (16/6) di Jenewa Swiss, ditengah meningkatnya ketegangan dalam hubungan bilateral AS-Rusia terkait isu Ukraina, hingga progres pembangunan jalur pipa gas Nord Stream 2.


Naftali Bennett Terpilih jadi PM Israel, Joe Biden Beri Ucapan Selamat

"Saya tahu jika Presiden (Joe) Biden akan membawa sejumlah pesan tegas kepada Presiden (Vladimir) Putin dalam beberapa hari ke kepan," tambahnya.

Sementara itu, hubungan diplomatik negara-negara Eropa dengan Rusia juga semakin memanas, terlebih saat Kiev melaporkan bahwa pihaknya merasa terancam dengan peningkatan aktivitas militer Rusia di perbatasan, ditengah upaya militer Ukraina mengatasi perlawanan kelompok separatis pro-Moskow di wilayah Donbass.

Di sisi lain, Presiden Rusia Vladimir Putin menilai bahwa memburuknya hubungan bilateral kedua belah pihak adalah hasil dari sikap Uni Eropa sendiri yang sering mengintervensi urusan dalam negeri Moskow, khususnya terkait penahanan tokoh oposisi Kremlin, Alexei Navalny.

 

Hadir di KTT NATO, Presiden Lithuania Sebut Rusia Mencoba Telan Belarus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia