logo


Hadir di KTT NATO, Presiden Lithuania Sebut Rusia Mencoba Telan Belarus

Presiden Lithuania mengatakan bahwa Rusia selama ini telah berupaya menelan Belarus

14 Juni 2021 18:29 WIB

Alexander Lukashenko dan Vladimir Putin
Alexander Lukashenko dan Vladimir Putin the Guardian

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mengatakan bahwa Rusia telah berupaya untuk "menelan" Belarus sehingga negara-negara barat harus bersatu untuk menggagalkan tindakan Moskow tersebut. Hal tersebut ia sampaikan dalam KTT NATO pada Senin (14/6).

"Belarus sudah kehilangan elemen terakhir kemerdekaannya, dan tren ini sangat lah berbahaya," kata Nauseda kepada awak media sebelum KTT NATO digelar.

Ia menambahkan bahwa NATO tidak akan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Rusia selama Moskow tidak merubah sikapnya.


Netanyahu Kalah Pemilu, Iran: Kebijakan Israel Tidak Akan Berubah

"Saya berharap Presiden Joe Biden akan mengirimkan sebuah pesan yang sangat jelas mengenai keputusan dan persatuan NATO, dan akan bereaksi terhadap apa yang tengah terjadi," lanjutnya.

Seperti diketahui, Lithuania merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Belarus. Pasca Presiden Alexander Lukashenko meraih kemenangannya dalam pilpres Belarus tahun 2020 lalu, banyak tokoh oposisi yang melarikan diri ke Lithuania, termasuk Sviatlana Tsikhanouvskaia yang merupakan rival Lukashenko.

Kemenangan Lukashenko tersebut memicu gelombang protes berdarah dari sebagian besar warga Belarus selama berbulan-bulan. Lukashenko juga dituding telah melakukan tindak kecurangan dalam proses penghitungan suara sehingga dirinya dapat memenangkan pemilihan umum.

Meningkatnya tindak kekerasan terhadap para pendemo di Belarus memicu negara-negara barat menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah pejabat pemerintah Belarus.

Di tengah tekanan yang semakin meningkat dari negara barat, Alexander Lukashenko berkunjung ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin yang menawarkan bantuan kepadanya dalam menangani situasi keamanan Belarus.

Naftali Bennett Terpilih jadi PM Israel, Joe Biden Beri Ucapan Selamat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia