logo


Netanyahu Kalah Pemilu, Iran: Kebijakan Israel Tidak Akan Berubah

Pemerintah Iran meyakini jika kebijakan Israel tidak akan banyak berubah meski Benjamin Netanyahu tak lagi menjabat sebagai perdana menteri Israel

14 Juni 2021 17:00 WIB

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. thestar.com

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa pemerintah Iran meyakini jika kebijakan dan pendekatan luar negeri Israel akan berubah dengan terpilihnya Natali Bennet menjadi perdana menteri, menggantikan Benjamin Netanyahu.

"Musuh Iran sudah hilang dan Iran yang kuat masih di sini. Saya pikir kebijakan Israel tidak akan berubah dengan pemerintahan baru," katanya dikutip Reuters.

Seperti diketahui, ketegangan antara Teheran dan Tel Aviv belakangan ini semakin memanas setelah terlibat perseteruan dalam berbagai isu, termasuk langkah Iran yang mulai melakukan sejumlah pelangaran aturan perjanjian nuklir JCPOA dengan meningkatkan penggunaan kadar uranium pada program nuklirnya.


Cegah Penyebaran Varian Covid-19 Delta, Inggris Kemungkinan Bakal Perpanjang Lockdown

Benjamin Netanyahu sebelumnya telah menyebut bahwa upaya Iran membuat senjata nuklir tersebut sebagai ancaman terbesar Israel. Oleh sebab itu, ia terus berupaya menghambat atau menghentikan upaya Iran tersebut.

"Ini (Iran) adalah ancaman yang mengancam kelanjutan lembaga zionist, dan kita harus berjuang melawan ancaman ini," kata Netanyahu dalam sebuah upacara pelantikan kepala Mossad baru David Barnea pada Selasa (1/6).

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada bulan Maret lalu juga mengatakan bahwa pihaknya sudah menyusun rencana untuk menyerang sejumlah fasilitas Iran di Lebanon jika Teheran terus meningkatkan aktivitas nuklirnya.

"Ini adalah peta sasaran serangan. Setiapnya telah dikaji....dan kami siap untuk pertempuran," kata Gantz pada Maret lalu.

Ribuan Warga Israel Turun ke Jalan, Rayakan Berakhirnya Era Netanyahu

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia