logo


Desak Pemerintah Tarik Rem Darurat Imbas Peningkatan Covid-19, DPR: Tutup Semua Kerumunan!

Pemerintah perlu bertindak tegas dengan menutup pusat kerumunan untuk sementara waktu

14 Juni 2021 07:30 WIB

Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo
Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo jitunews/Khairulanwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Rahmad Handoyo meminta kepada pemerintah untuk menarik rem darurat. Hal tersebut ia sampaikan mengingat adanya lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah.

"Saat ini kita tidak perlu saling tuding, saling menyalahkan. Namun bagaimana kita konsolidasi secara nasional dan melakukan rem ketat agar kita bisa kendalikan situasi yang mulai dan sedang mengkhawatirkan ini, serta yang efeknya tingkat keterisian kamar rumah sakit sudah mengkhawatirkan untuk beberapa daerah. Saat ini dibutuhkan kebijakan dan tindakan yang luar biasa untuk atasi kenaikan ini," ujar Rahmad, Minggu (13/6/2021).

"Pengendalian COVID-19 sekali lagi bukan semata-mata tugas dari Pemerintah Pusat, tapi butuh kerja sama dan gotong royong semua pihak, dari Pemerintah Pusat sampai daerah dan satu lagi masyarakat menjadi aktor utama juga dalam pengendalian pandemi ini," sambungnya.


Covid-19 Varian India Masuk Kudus, Ganjar Sempat Curiga Gegara Lonjakan Kasus yang Tinggi

Menurutnya, pemerintah perlu bertindak tegas dengan menutup pusat kerumunan untuk sementara waktu. Ia meminta semua pihak bergotong royong memutus penularan Covid-19 yang saat ini sudah mengkhawatirkan.

"Rem darurat yang kuat dan tegas dibutuhkan oleh Pemerintah Pusat dan perintahkan untuk bisa dilakukan dan dijalankan oleh pemerintah daerah. Ketegasan dan sanksi tegas terhadap siapapun yang mengindahkan protokol kesehatan serta sanksi tegas terhadap siapapun yang memunculkan kerumunan. Pusat-pusat potensi kerumunan ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan, baik wisata maupun pembatasan ekonomi yang memunculkan potensi terjadinya klaster baru serta pembatasan ketat terhadap aktivitas publik," tutupnya.

Kasus Covid-19 di DKI Meningkat 50 Persen, Anies: Kita Akan Masuk Fase Genting

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati