logo


Santer Puan-Prabowo Maju di Pilpres 2024, SMRC Sebut Ganjar Berpeluang Menang Tanpa PDIP

Ganjar lebih unggul daripada Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam bursa capres 2024

14 Juni 2021 05:00 WIB

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Manajer Program Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad memaparkan hasil survei yang menyatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memilik peluang menang yang tinggi di Pilpres 2024 tanpa diusung PDIP.

Saidiman mengatakan bahwa survei dilakukan dengan skenario pemilh mengenal tiga nama capres. Selain Ganjar, ada nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Hasilnya, Ganjar unggul daripada kedua nama lainnya.

"Ganjar mendapat suara 35,3 persen, Prabowo 30,8 persen, dan Anies 25,5 persen," kata Saidiman Ahmad dalam rilisnya, Minggu (13/6/2021).


Soal Pilpres 2024, Prabowo: Kalau Diberi Kesempatan untuk Mengabdi Ya Pasti Mau Dong

Skenario tersebut, kata Saidiman Ahmad, dilakukan dengan syarat Ganjar mau maju sebagai calon presiden tanpa melibatkan dukungan dari PDIP. Pasalnya, beredar kabar bahwa PDIP akan mengusung Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Ketua Umum Gerinra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Santer terdengar bahwa PDIP dan Gerindra mungkin sekali akan memajukan nama pasangan Prabowo Subianto dan Puan Maharani dalam kontestasi kepresidenan 2024," ujarnya.

Meski tanpa dukungan PDIP, Ganjar disebut memperoleh banyak dukungan dari partai lain. Berdasarkan survei SMRC tersebut, Ganjar mendapat dukungan sebesar 68 persen dari PKB, 40 persen dari Demokrat, dan 46 persen dari partai non-parlemen.

"Dengan demikian terlihat bahwa peluang Ganjar masih tetap besar kalaupun tidak dipilh sebagai calon oleh PDIP," pungkas Saidiman Ahmad.

Diketahui, survei tersebut dilakukan dengan metode wawancara langsung terhadap 1.220 responden dengan usia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia. Survei digelar dalam rentang waktu 21 Mei-28 Mei 2021 dengan margin of error 3,05 persen.

 

75,6 Persen Warga Puas dengan Kinerja Jokowi, Pemulihan Ekonomi Imbas Covid-19 Disebut Baik

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati