logo


Sembako Dikenai Pajak, Sri Mulyani Coreng Citra Jokowi yang Pro Rakyat Kecil

Sri Mulyani semestinya mempertimbangkan kondisi rakyat kecil dalam mengambil kebijakan.

13 Juni 2021 04:00 WIB

Menteri keuangan Sri Mulyani
Menteri keuangan Sri Mulyani Dok. Kemenkeu

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati disebut telah menjatuhkan citra pemerintahan Presiden Joko Widodo yang peduli terhadap rakyat kecil. Penilaian ini terkait rencana pemberlakuan pajak pertambahan nilai (PPN) pada sembako dan sektor pendidikan.

Pernyataan itu dilontarkan oleh politikus Partai Golkar Mukhamad Misbakhun. Menurutnya, Sri Mulyani semestinya mempertimbangkan kondisi rakyat kecil dalam mengambil kebijakan.

“Polemik yang terjadi dan penolakan keras di masyarakat atas rencana Menkeu SMI ini sangat memengaruhi citra Presiden Jokowi dan pemerintahan yang dikenal sangat pro-rakyat kecil,” kata Misbakhun di Jakarta, Sabtu (12/6).


Jokowi Tak Hadiri Acara Megawati, Cara Halus Tolak Duet Prabowo-Puan di Pilpres 2024?

Anggota Komisi XI DPR ini menilai sektor bahan pokok, pendidikan, dan kesehatan seharusnya tidak dipajaki. Sebab, jelas Misbakhun, ketiga bidang itu merupakan poin penting dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Kalau beras dijadikan objek pajak dan dikenakan PPN, pengaruhnya pada kualitas pangan rakyat. Rakyat butuh pangan yang bagus agar kualitas kehidupan mereka juga baik,” terang dia.

“Pendidikan itu menunjukkan kualitas SDM sebuah negara. Kalau pendidikan sampai dijadikan objek pajak dan dikenakan tarif PPN, kualitasnya akan terpengaruh,” tandas Misbakhun.

49 Pelaku Pungli Ditangkap di Tj Priok Usai Kapolri Ditelepon Jokowi, Iwan Fals: Omongannya Ampuh

Halaman: 
Penulis : Iskandar