logo


AS Sudah Tahu Rencana Rusia Beri Satelit Mata-mata Canggih untuk Iran

Juru bicara Kemenlu AS mengatakan bahwa pemerintah AS sudah mengetahui rencana Rusia menyediakan sebuah satelit mata-mata canggih untuk Iran. Meski demikian, pihaknya belum siap untuk berkomentar terkait hal tersebut

12 Juni 2021 12:23 WIB

Ilustrasi peluncuran satelit
Ilustrasi peluncuran satelit istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat sudah mengetahui rencana Rusia memasok sistem satelit mata-mata canggih untuk Iran. Meski demikian, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Jalina Porter dalam konferensi pers pada hari Jumat (11/6) mengatakan bahwa Washington belum siap mengeluarkan tanggapan atas hal tersebut.

Pada Kamis (10/6), Washington Post melaporkan bahwa Rusia akan mengirimkan satelit canggih Kanopus-V yang dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi seperti yang disepakati oleh perusahaan Iran dan Rusia pada tahun 2015. Dengan satelit tersebut, Iran nantinya dapat memonitor seluruh wilayah Timur Tengah.

“Kami menyadarinya dan, tentu saja, mengikuti laporan media [Washington Post] tentang Rusia yang berpotensi memberikan Iran sistem satelit canggih. Selain itu, kami tidak memiliki apa pun untuk diumumkan pada saat ini, kami tidak memiliki tanggapan apa pun. atau tanggapan potensial apa pun," kata Porter, dikutip Sputniknews.


Perekam Video Tewasnya George Floyd Dapat Penghargaan Pulitzer

Fakta bahwa Iran akan mendapatkan peralatan dengan kualitas ini telah menimbulkan kekhawatiran di antara AS dan sekutunya, mengingat Teheran diyakini sebagai ancaman potensial terhadap posisi militer mereka di seluruh kawasan Timur Tengah.

Tindak Kekerasan di Myanmar Semakin Parah, Komisi HAM PBB Minta Junta Militer untuk Diadili

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia