logo


Putin Sebut Hubungan AS-Rusia Berada di Titik Nadir

Vladimir Putin mengatakan bahwa hubungan bilateral AS-Rusia beberapa tahun belakangan ini semakin memburuk hingga mencapai titik terendah

12 Juni 2021 10:26 WIB

Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin Ist

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa hubungan Moskow-Washington saat ini tengah berada di titik terendah. Hal tersebut ia sampaikan dalam sebuah sesi wawancara dengan NBC News pada Jumat (11/6), lima hari sebelum dirinya bertemu dengan Presiden AS Joe Biden di Jenewa, Swiss.

"Kita memiliki sebuah hubungan bilateral yang telah memburuk hingga mencapai titik terendah beberapa tahun belakangan ini," kata Vladimir Putin.

Kedua pemimpin tersebut akan mengadakan pertemuan pada 16 Juni mendatang di tengah situasi bilateral AS-Rusia memanas yang disebabkan oleh sejumlah isu, termasuk isu serangan siber yang dilakukan oleh Moskow terhadap Washington, penahanan tokoh oposisi Alexei Navalny, hingga proses pembangunan jalur pipa gas Nord Stream 2.


Mantan Kepala Mossad Beberkan Operasi Intelijen yang Sudah Mereka Lakukan terhadap Iran

Pada kesempatan tersebut, Putin juga membandingkan Presiden Joe Biden dengan pendahulunya, Donald Trump. Menurut Putin, Trump merupakan pribadi yang sangat menarik yang tidak menjadi bagian dari agenda politik AS sebelumnya, sehingga tak bisa dipungkiri jika hal tersebut membuat beberapa tokoh politik AS tidak menyukainya.

"Saya meyakini jika mantan Presiden AS, Mr Trump, adalah individu yang luar biasa, individu yang bertalenta, namun ia tidak kembali terpilih menjadi presiden," ujar Putin.

Putin menambahkan bahwa Trump sangat berbeda dengan Presiden Joe Biden, yang mana memiliki karir politik yang panjang.

"Ia sudah menghabiskan seluruh hidupnya dalam dunia politik," lanjutnya.

Saat ditanya mengenai Joe Biden yang menyebut dirinya sebagai seorang "pembunuh" saat diwawancarai oleh ABC News pada Maret lalu, Putin mengatakan bahwa ia kerap mendengar tuduhan semacam itu.

"Ini bukan sesuatu yang saya khawatirkan," tukasnya.

Presiden Venezuela Desak AS Segera Cairkan Dana Pembayaran Vaksin Covid-19 Mereka

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia