logo


Singgung Teknologi Kloning, Megawati: Tanpa Etika dan Moral Akan Mengancam Manusia Itu Sendiri

Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa kloning adalah salah satu teknologi yang yang dapat mendorong kemajuan manusia

12 Juni 2021 05:30 WIB

Megawati Soekarnoputri saat pengukuhan gelar profesor kehormatan dari Universitas Kehormatan (Unhan), Jumat (11/6).
Megawati Soekarnoputri saat pengukuhan gelar profesor kehormatan dari Universitas Kehormatan (Unhan), Jumat (11/6). Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Megawati Soekarnoputri mengatakan bahwa kloning adalah salah satu teknologi yang yang dapat mendorong kemajuan manusia. Hal tersebut ia sampaikan saat orasi ilmiah pengukuhan gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategic dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

"Teknologi rekayasa genetik seperti kloning misalnya, di satu sisi dapat menjadi pendorong kemajuan manusia terutama dalam keamanan pangan dan kesehatan," kata Mega yang disiarkan dalam YouTube Universitas Pertahanan Official, Jumat (11/6/2021).

Meski membawa dampak positif, Megawati mengingatkan bahwa teknologi kloning akan mengancam keberlangsungan hidup manusia jika tidak dibarengi dengan etika dan moral.


Penggabungan Ristek-Kemendikbud Jadikan BRIN Kuat, PDIP: Masa Kita Kalah Sama Singapura

"Namun aplikasi teknologi kloning tanpa landasan etika dan moral, akan membawa dampak yang mengancam kemanusiaan itu sendiri," ujarnya.

"Namun kesemuanya membawa implikasi yang luas, bahkan menyangkut substansi dasar tentang karya penciptaan, jika manusia tidak diingatkan tentang tanggung jawab sosialnya sebagai makhluk ciptaan Tuhan," lanjutnya.

Terima Gelar Profesor Kehormatan, Megawati Ucapan Terima Kasih kepada Prabowo dan Nadiem

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×