logo


Rusia Siapkan Satelit Canggih bagi Iran untuk Awasi Wilayah Timur Tengah

Washington Post melaporkan bahwa pemerintah Rusia kini tengah mempersiapkan sebuah satelit berteknologi canggih bagi Iran untuk dapat memonitor berbagai fasilitas militer di wilayah Timur Tengah.

11 Juni 2021 11:28 WIB

Ilustrasi satelit
Ilustrasi satelit istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Media Amerika Serikat, Washington Post, pada Kamis (10/6) melaporkan bahwa pemerintah Rusia tengah mempersiapkan sebuah satelit berteknologi canggih yang akan mereka jual kepada Iran, dimana satelit tersebut mampu membuat Teheran melacak semua target militer di seluruh wilayah Timur Tengah.

Sejumlah narasumber Washington Post mengatakan bahwa satelit bernama Kanopus-V tersebut nantinya akan diluncurkan dari wilayah Rusia beberapa bulan mendatang.

"Satelit tersebut dapat membuat (Iran) mampu memonitor secara terus menerus fasilitas-fasilitas, mulai dari sejumlah tambang minyak di Teluk Persia, markas militer Israel hingga pangkalan-pangkalan militer AS di Irak," kata sejumlah narasumber Washington Post yang tidak disebut namanya, dilansir Reuters.


Presiden Bolsonaro Minta Kemenkes Ijinkan Warga Brazil Lepas Masker

Narasumber anonim tersebut juga mengatakan bahwa para pemimpin pasukan Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) telah beberapa kali berkunjung ke Rusia sejak 2018 untuk mendorong negosiasi kesepakatan pembelian satelit tersebut.

Sementara itu, pakar-pakar Rusia juga melakukan perjalanan ke Iran untuk membantu melatih para kru yang nantinya akan mengoperasikan satelit tersebut dari sebuah fasilitas di wilayah Iran.

PBB Laporkan 350 Ribu Penduduk Tigray Alami Wabah Kelaparan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia