logo


Otoritas India Khawatir Wilayah Mizoram Jadi Basis Aktivis Anti Junta Militer Myanmar

Pemerintah negara bagian Mizoram, India, mengatakan bahwa mereka terus mengawasi semua aktivitas para pejuang anti junta militer yang berada diantara para pengungsi asal Myanmar

10 Juni 2021 20:34 WIB

Negara bagian Mizoram di India yang berbatasan langsung dengan Myanmar
Negara bagian Mizoram di India yang berbatasan langsung dengan Myanmar istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ribuan penduduk Myanmar diketahui telah melarikan diri ke sejumlah negara tetangga, termasuk sejumlah negara bagian India. Hal tersebut memicu kekhawatiran diantara pejabat pemerintahan Mizoram bahwa wilayahnya bisa dijadikan salah satu basis aktivis anti junta militer Myanmar.

Tiga negara bagian India, yakni Mizoram, Manipur dan Nagaland, kini tengah menampung sekitar 16 ribu pengungsi dari Myanmar, dimana jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat.

Di wilayah Mizoram, otoritas setempat terus melakukan pengawasan secara cermat mengenai para pejuang pro-demokrasi yang berada di dalam rombongan para pengungsi yang melarikan diri ke wilayah perbatasan Myanmar-India yang merupakan hutan lebat.


Rusia Janji Kirim Instrumen Sistem Pertahanan S-400 ke India Akhir Tahun Ini

"Kami terus mengawasi secara ketat," kata seorang pejabat pemerintah Mizoram kepada Reuters.

Ia mengatakan bahwa sejumlah pejuang Myanmar yang telah berhasil menyeberang ke wilayahnya berkat bantuan dari penduduk Mizoram kini sudah kembali ke Myanmar.

"Kami tidak akan pernah mengijinkan mereka untuk melakukan kegiatan latihan di Mizoram," tambahnya.

"Jika anda mengganggu (situasi damai) Mizoram, maka para pengungsi akan mendapatkan masalah," lanjutnya.

Sementara itu, kepolisian Mizoram juga mengatakan bahwa pihaknya sudah berhasil mengusir para pejuang anti junta militer Myanmar kembali ke negara asal.

"Orang-orang ini ingin melawan junta (militer). Apa yang akan mereka coba lakukan...adalah untuk mendapatkan sejumlah persenjataan dari pihak di sini (India)," kata kepolisian Mizoram dilansir Al Jazeera.

Diplomasi Vaksin, AS Bakal Donasikan 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Negara-negara Miskin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia