logo


Soal Pasal Penghinaan Presiden, Mahfud Md Ungkap Sikap Jokowi

Mahfud Md mengaku pernah bertanya kepada Presiden Joko Widodo terkait pasal penghinaan kepada presiden

10 Juni 2021 20:30 WIB

Mahfud MD dan Joko Widodo
Mahfud MD dan Joko Widodo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengaku pernah bertanya kepada Presiden Joko Widodo terkait pasal penghinaan kepada presiden yang masuk dalam Ranacangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP).

"Sebelum jadi Menko dan ada polemik perlu tidaknya pasal penghinaan kepada Presiden masuk KUHP saya menanyakan sikap Pak Jokowi. Jawabnya, 'Terserah legislatif, mana yang bermanfaat bagi negara. Kalau bagi saya pribadi, masuk atau tak masuk sama saja, toh saya sering dihina tapi tak pernah memperkarakan'," kata Mahfud dalam cuitannya, Kamis (10/6).

Mahfud mengatakan bahwa Jokowi menyerahkan keputusan soal pasal tersebut pada legislatif.


Benci dengan Pasal Penghinaan Presiden, Gerindra: Dialihkan ke Perdata Saja

"Jadi menurut Pak Jokowi sebagai Presiden 'mau memasukkan atau tidak pasal penghinaan kepada Presiden ke KUHP putusannya terserah pembahasan di legislatif, pokoknya apa yang baik bagi negara'," katanya.

Mahfud mengatakan bahwa bagi Jokowi pasal tersebut tidak berpengaruh padanya. Setiap ada yang menghinanya, Jokowi tidak pernah mempermasalahkannya.

"Tapi bagi Pak Jokowi sebagai pribadi masuk atau tidak sama saja, sering dihina juga tak pernah mengadu/memperkarakan," pungkasnya.

Jokowi Serahkan Pasal Penghinaan Presiden ke Legislatif, Mahfud: Sering Dihina Tapi Tidak Memperkarakan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata