logo


Diplomasi Vaksin, AS Bakal Donasikan 500 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Negara-negara Miskin

Pemerintah AS akan mendonasikan 500 juta dosis vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin di seluruh dunia untuk menghadapi diplomasi vaksin Rusia dan China

10 Juni 2021 19:45 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Joe Biden berencana untuk mendonasikan 500 juta dosis vaksin Covid-19 kepada negara-negara miskin di seluruh dunia yang memerlukan dalam waktu dua tahun ke depan. Hal tersebut disampaikan oleh tiga narasumber yang mengetahui hal tersebut kepada Reuters pada Rabu (9/6).

Ketiga sumber anonim tersebut mengatakan bahwa Washington kemungkinan akan mendistribusikan sekitar 200 juta dosis pada tahun ini dan 300 juta dosis lainnya akan dikirim pada awal tahun depan ke 92 negara dengan perekonomian lemah, termasuk negara-negara di benua Afrika, melalui program vaksin COVAX yang diorganisir oleh WHO dan Aliansi Vaksin dan Imunisasi Global (GAVI).

Donasi vaksin Covid-19 oleh Pemerintah AS tersebut juga dilakukan sebagai alat untuk menghadapi diplomasi vaksin yang sudah dilakukan oleh Rusia dan China.


Joe Biden: Kami Tidak Ingin Memicu Konflik dengan Rusia

Sementara itu, CNBC melaporkan bahwa AS juga tengah melakukan pembicaraan dengan produsen vaksin, Moderna, mengenai pembelian dosis vaksin Covid-19 untuk didonasikan kepada negara lain tersebut.

Seorang juru bicara Moderna mengatakan bahwa pihaknya sangat tertarik dengan rencana pemerintah AS tersebut. Meski demikian, ia menolak untuk berkomentar terkait diskusi yang tengah dilakukan oleh pihak perusahaan dengan pemerintah.

Rusia Janji Kirim Instrumen Sistem Pertahanan S-400 ke India Akhir Tahun Ini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia