logo


Rusia Janji Kirim Instrumen Sistem Pertahanan S-400 ke India Akhir Tahun Ini

Duta besar Rusia untuk India mengatakan bahwa pengiriman instrumen sistem pertahanan udara S-400 ke India akan dilakukan sesuai dengan kesepakatan.

10 Juni 2021 19:15 WIB

Sistem Pertahanan Udara S-400 buatan Rusia
Sistem Pertahanan Udara S-400 buatan Rusia istimewa

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Duta besar Rusia untuk India Nikolay R. Kudashev pada Kamis (10/6) mengatakan bahwa pengiriman instrumen sistem pertahanan udara S-400 ke India tidak akan terdampak dengan situasi pandemi Covid=19, sehingga pengiriman pertama S-400 dari Rusia akan tiba sesuai jadwal di India, yakni sebelum pergantian tahun 2022.

"Kami melihat tidak ada perubahan (kontrak), dan pemerintah India telah mengkonfirmasi komitmen mereka terhadap kesepakatan ini," kata Kudashev kepada para wartawan di New Delhi.

Pada awal April lalu, Dubes India untuk Rusia Bala Venkatesh Varma telah mengumumkan bahwa situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia tidak akan berdampak terhadap jadwal pengiriman sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.


Separuh Rakyat Ukraina Tak Setuju Negaranya Gabung dengan NATO, Putin: Smart People

Moskow dan New Delhi diketahui sudah menandatangani kontrak pembelian lima unit S-400 di tahun 2018 lalu dengan nilai mencapai USD 5 juta.

Rencana pembelian S-400 tersebut tentu saja menjadi isu yang cukup pelik bagi pemerintah India, khususnya terkait hubungan bilateral mereka dengan Washington, usai pemerintah AS mengancam akan menjatuhkan sanksi ekonomi jika India nekat membeli alutsista buatan Rusia. Meski demikian, namun kesepakatan India-Rusia ternyata hingga kini tetap dilanjutkan.

Joe Biden: Kami Tidak Ingin Memicu Konflik dengan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×