logo


Rusia Siap Normalkan Kembali Operasional Kantor Kedubesnya di AS

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah hubungan bilateral Moskow-Washington semakin memburuk

10 Juni 2021 10:19 WIB

Kantor Kedutaan Besar Rusia di Washington
Kantor Kedutaan Besar Rusia di Washington AP News

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pemerintah Rusia siap untuk melanjutkan operasi normal kantor kedutaan besar mereka di Amerika Serikat jika pada pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin pada pekan depan, Presiden AS Joe Biden memiliki kemauan untuk memperbaiki hubungan bilateral kedua negara.

"Jika Amerika siap untuk memulihkan situasi yang ada sebelum spiral ke bawah ini, dalam hal kapasitas personel diplomatik ... dan penerbitan visa, yang menjadi semakin rumit, jika mereka siap, kita akan dapat kembali normal. sudah pada hari berikutnya. Tapi ini belum terjadi, dan seruan kami pada Washington untuk menangani masalah ini tetap tidak terjawab," kata Wakil Menteri Luar Negeri Sergey Ryabkov pada Rabu (9/6) kepada wartawan.

"Kami memiliki harapan yang sangat serius. Ini memang acara yang sangat penting dalam agenda internasional, dan kami berharap ini akan memberikan jawaban atas banyak pertanyaan," tambahnya.


Server Milik Kemenaker Spanyol Jadi Sasaran Serangan Hacker

Ia menjelaskan bahwa Rusia akan melakukan segala upaya untuk mencegah memburuknya hubungannya dengan Amerika Serikat.

“Secara pribadi saya tidak tahu apakah setelah kontak antara para pemimpin ini kita akan melihat tren berkelanjutan menuju penyelesaian masalah dan normalisasi hubungan, tetapi inilah yang diinginkan oleh pihak Rusia. Ini adalah inti dari tugas yang saat ini menjadi fokus kami, dan kami menyerukan kepada pemerintahan Joe Biden untuk bergabung dalam upaya mencapai tujuan ini dengan penuh tanggung jawab dan penuh semangat seperti yang kita lakukan," lanjut Ryabkov.

"Saya masih meyakini jika hubungan bilateral AS-Rusia berpotensi mengalami kemerosotan yang lebih lanjut...namun, kami akan melakukan segala upaya untuk mencegah hal itu, karena risikonya cukup serius, manajemen krisis tetap menjadi agenda hubungan kami," tandasnya.

Menhan AS Minta Pentagon Fokus Tangani Ancaman Keamanan dari China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia