logo


Pajak Sembako Dinilai Lukai Rasa Keadilan, PKB Sarankan Pemerintah Ganti Objek

Politikus PKB meminta agar masyarakat tidak dibebankan dengan adanya pajak sembako

10 Juni 2021 07:53 WIB

Ketua Komisi VI DPR, Faisol Riza
Ketua Komisi VI DPR, Faisol Riza dok jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza mengkritik rencana pemerintah yang hendak mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako. Menurutnya, rencana tesebut melukai rasa keadilan. Apalagi, rakyat tengah tertimpa beban ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Janganlah ini situasi begini ini, situasi yang juga kita harus pikirkan di mana masyarakat tertimpa banyak beban, sementara ekonomi belum tumbuh, jadi pemerintah perlu mempertimbangkanlah sembako ini untuk dikenai pajak PPN, atau sebelumnya pemerintah memberikan penjelasan yang rasional, yang logis yang bisa diterima oleh semua kalangan bahwa memang diperlukan pengenaan pajak kepada sembako, saya yakin ini melukai rasa keadilan," kata Faisol kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Politikus PKB tersebut meminta agar masyarakat tidak dibebankan dengan adanya pajak sembako. Ia pun menyarankan agar pemerintah mengganti objek lain yang bisa dikenakan pajak.


Kritik Wacana PPN Sembako, MUI: Banyak Menimbulkan Mudarat

"Toh kalau memang memerlukan penambahan pendapatan masukan negara masih banyak sektor lain yang masih banyak digali, dikembangkan, jangan mengenakan beban lebih banyak ke masyarakat yang justru saat ini membutuhkan bantuan pemerintah," ujarnya.

Faisol menyebut banyak pihak yang bisa dikorbankan untuk mengganti pajak sembako. Ia pun meminta agar rencana pengenaan pajak sembako dikomunikasikan sehingga bisa diganti objek lain.

"Saya juga yakin banyak pihak yang bisa berkorban untuk mengganti pengenaan pajak kepada sembako ini kalau dikomunikasikan dengan baik dan jangan juga menyampaikan bahwa keadaan pemerintah baik-baik saja, karena kenyataannya kalau pengenaan pajak kepada sembako ini artinya sekarang pemerintah sedang berupaya membuat pemasukan kepada negara ini stabil, yang mulai menyasar sektor-sektor yang sebenarnya menjadi sektor yang selama ini bebas pajak," jelasnya.

 

Soal Rencana PPN Sembako, Demokrat: Semoga Rakyat Tidak Semakin Melarat

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati