logo


Anak Pilih Tinggal Bersama Kiwil, Meggy Wulandari: Sayang Sekali Memilih Ayah yang Kurang Perhatian

Kuasa hukum sebut sang anak tidak perlu minta surat supaya tinggal bersama Kiwil

9 Juni 2021 09:15 WIB

Meggy Wulandari
Meggy Wulandari Okezone

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pasca bercerai, komedian Kiwil dan Meggy Wulandari masih saja terlibat konflik. Kali ini, keduanya saling menyerang terkait hak asuh anak.

Meggy mengatakan bahwa salah satu anaknya yaitu Rifky Ananda ingin tinggal bersama ayahnya yakni Kiwil di Jakarta. Namun, ia menuding Kiwil tidak perhatian kepada sang anak.

"Karena sekolah di sini juga banyak teman-temannya. Dia sudah besar jadi saya memberikan kebebasan untuk memilih dan dia lebih pengen di sini (di Jakarta). Cuma sayang sekali anaknya sudah memilih ayahnya kurang perhatian itu sayang sekali," kata Meggy Wulandari.


Kesal Dihina, Dewi Perssik Ajak Denise Chariesta Berantem di Ring

Sementara itu, kuasa hukum Meggy, Asnawi Patandjengi menjelaskan bahwa Rifky tidak perlu meminta surat supaya bisa tinggal bersama Kiwil. Pasalnya, Rifky sudah berusia 16 tahun sehingga sudah ada kebebasan ingin tinggal bersama siapa.

"Yang dipermasalahkan ini kan anak berumur 16 tahun, katanya minta surat untuk hitam diatas putih supaya diserahkan ke bapaknya. Itu kan tidak diperlukan UU mengatakan begitu. Kalau anak milih bapaknya ya sudah ikut bapaknya. Karena dia sudah dewasa," kata Asnawi Patandjengi di Studio Trans TV, Gedung Transmedia, Kawasan Mampang, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (8/6/2021).

Meski hal tersebut bukan suatu kasus yang berarti, Asnawi menyinggung terkait kewajiban Kiwil memberikan nafkah anak.

"Nah, persoalan nafkah anaknya, suami diatur di pasal 80, suami terhadap anak sudah bercerai wajib menafkahi anaknya. Sampai dia bisa berdiri sendiri, sampai 21 tahun itu kewajiban bapak, lho. Itu ada konsekuensinya, lho, kalau tidak dilaksanakan," papar Asnawi.

"Jadi ini sebenarnya nggak ada kasus ya, kalau suami istri bercerai ya anak berusia 12 tahun menurut hukum Islam harus ikut ibunya. Kalau sudah 13 tahun ke atas ia bisa memilih (mau tinggal dengan siapa) ibu atau bapaknya," pungkasnya.

Nora Alexandra Setia Menanti 10 Bulan, Jerinx Hanya Bisa Beri Dengkul

Halaman: 
 
×
×