logo


Awas! Terlalu Banyak Minum Bisa Sebabkan Kematian

Overhidrasi adalah suatu keadaan saat tubuh seseorang mengalami kelebihan cairan

6 Mei 2015 11:42 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Air merupakan salah satu makro nutrient esensial sehingga tubuh memerlukan asupan cairan untuk menjaga kualitas kesehatan. Bila terjadi kekurangan cairan dalam tubuh, maka akan berdampak pada kualitas kesehatan yang terlihat dari gejala dan tandanya seperti, bibir kering, mudah binggung, kewaspadaan melihat menurun, mudah marah dan cemas, sulit berkonsentrasi, sakit kepala dan lain sebagainya. Selain itu, dampak dari kurangnya minum bagi tubuh juga bisa berakibat fatal pada kondisi-kondisi khusus yang berkaitan dengan keseimbangan cairan.

Meski kebutuhan akan pemenuhan cairan tubuh sangat penting, namun bukan berarti Anda harus memberi asupan cairan berlebihan. Bukan manfaat bagi kesehatan yang didapat, malah bisa-bisa tubuh akan mengalami overhidrasi yang dapat berakibat fatal. Overhidrasi, yakni  adalah suatu keadaan saat tubuh seseorang mengalami kelebihan cairan. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, namun penyebab utama adalah minum berlebihan dalam jangka waktu beberapa.

Menurut pakar fisiologi olahraga, Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. dr. Ermita I. Ilyas, MS, AIFO, sejumlah tanda ini di antaranya rasa mual, muntah dan perut terasa penuh. "Overhidrasi diawali rasa mual, muntah, perut terasa penuh. Kita sudah tidak bisa bergerak karena perut terasa penuh," kata Ermita dalam Seminar Media Kenali dan Pahami Overhidrasi: Upayakan Asupan Air Sesuai Kebutuhan Tubuh, di Jakarta, Selasa (5/5).  


Masih Percaya Soal Mitos Khasiat Minum Air Hangat yang Salah?

Jika sudah begitu apa yang terjadi? Minum air berlebihan dalam waktu singkat, cairan diluar sel tubuh akan meningkat, elektrolit (natrium) akan berkurang (hipnotremia). Keseimbangan antara elektrolit atau cairan sel dan dalam sel berubah. Sedangkan tubuh selalu mempertahankan keseimbangan, akibatnya cairan diluar sel akan berpindah kedalam sel yang lebih pekat.

"Bila sangat berlebihan sel-sel tubuh akan membengkak atau mengalami edem, kaki dan tangan pun akan membengkak, demikian pula sel-sel otak. Hal ini yang menyebabkan sakit kepala, gangguan kesadaran, koma dan akhirnya berujung kematian,” ungkapnya.

Kamu Sering Minum Sambil Berdiri, Bahaya!

Halaman: 
Penulis : Suciati, Hasballah