logo


Ngutang Buat Bayar Bunga Utang, Rizal Ramli: Menkeu Terbalik Ngibul Gak Ada Batas

RR menyoroti langkah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang terus menumpuk utang.

8 Juni 2021 19:21 WIB

Rizal Ramli
Rizal Ramli ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekonom senior, Rizal Ramli kembali melayangkan kritikan atas kondisi keuangan Indonesia, terutama utang. Dia menyoroti langkah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang terus menumpuk utang.

Menurut data yang diunggah Rizal Ramli di akun Twitter @RamliRizal, bunga utang dari 2019 hingga 2021 mencapai Rp373 triliun. Bahkan pemerintah memperkirakan bunga utang senilai Rp417,4 triliun pada 2021.

“Nah lho.. Buat bayar bunga utang Rp373 Trilliun, harus ngutang lagi. Lho, gitu kok ada yang ngaku-ngaku telah kelola keuangan dengan hati-hati, prudent dan bertanggung jawab?” cetusnya, dikutip Selasa (8/6).


Rizal Ramli Duga Dana Haji Ditilap, Ruhut PDIP: Kapan Sembuh dari Fitnah Memfitnah?

Pria yang karib disapa RR ini menyesalkan klaim pemerintah atas tata pengelolaan utang yang baik. “Menkeu Terbalik ngibul kok ndak ada batas,” lanjutnya.

Dilansir dari data Bank Indonesia (BI), posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia pada kuartal I-2021 sebesar USD415,6 miliar atau setara Rp5.943,1 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS). Jadi, utang Indonesia saat ini sudah mendekati Rp6.000 triliun.

Peringkat Kampus di Indonesia Kalah dari Malaysia, Rizal Ramli: Kampus Diubah Jadi Kultur Birokratisasi, Bukan Akademik

Halaman: 
Penulis : Iskandar