logo


Kang Emil Minta Pemerintah Lobi Ulang Arab Saudi soal Pembatalan Haji, Ferdinand: Sebaiknya Fokus Urus Provinsimu Dulu

Menyelenggarakan haji itu tidak seperti bikin nikahan massal.

8 Juni 2021 14:45 WIB

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean menyarankan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk fokus mengurus wilayahnya ketimbang ikut campur soal pembatalan keberangkatan haji 2021.

Menurutnya, banyak masalah besar yang melanda provinsi Jabar, di antaranya kemiskinan dan Covid-19.

“Kang @ridwankamil sebaiknya fokus urus Propinsimu dulu, masih banyak masalah besar. Kemiskinan dan covid di mana-mana,” cuitnya lewat akun Twitter @FerdinandHaean3, dikutip Selasa (8/6).


AHY Pamer Dibonceng Ridwan Kamil, Ruhut: Agar Rakyat Lihat Pasangan Ini Layak untuk Pilpres 2024

Ferdinand menilai penyelenggaraan haji itu tidak semudah yang Ridwan Kamil pikirkan. Sebab, banyak hal yang mesti diurus dan disiapkan dalam rentang waktu tertentu.

“Menyelenggarakan haji itu tidak seperti bikin nikahan massal, banyak yang harus diurus dan disiapkan. Harus dilihat dari sisi waktu, masih cukup atau tidak,” tandas Ferdinand.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat bernegosiasi kembali dengan Pemerintah Arab Saudi terkait pembatalan keberangkatan haji tahun 2021.

Ridwan Kamil meyakini Pemerintah Arab Saudi masih membuka peluang bagi jemaah haji Indonesia untuk berangkat ke Tanah Suci.

"Kalau masih ada waktu dan kesempatan, saya memohon pemerintah pusat cobalah sekali lagi melobi. Kenapa, karena saya meyakini Pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia. Selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksin, dites PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan, jangan nol sama sekali," ujar pria yang karib disapa Kang Emil itu, dilansir dari Kompas, Senin (7/6).

Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Meningkat, Ferdinand Beri Sindiran Ini ke Para Gubernur

Halaman: 
Penulis : Iskandar