logo


Korupsi Kian Menggila di Era Jokowi, Relawan Joman Sebut karena Ulah Menteri

Sejumlah pejabat sekelas kementerian berupaya meraup keuntungan di pengujung masa pemerintahan Jokowi.

8 Juni 2021 13:37 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketum Relawan Jokowi Mania (Joman) Emmanuel Ebenezer menilai pernyataan Menkopolhukam Mahfud Md terkait korupsi yang semakin menggila bukan bermaksud untuk menyudutkan Presiden Joko Widodo.

Pria yang karib disapa Noel itu menyebut korupsi yang terjadi hingga saat ini merupakan warisan dari pemerintahan sebelumnya. Selain itu, sejumlah pejabat sekelas kementerian disebut berusaha meraup keuntungan di pengujung masa pemerintahan Jokowi.

“Mahfud menegaskan sistimiknya korupsi ini bukan kesalahan Presiden Jokowi. Selain peninggalan dan warisan era sebelumnya, ini ulah dari pejabat atau menteri yang memanfaatkan momentum 3 tahun tersisa pemerintahan Jokowi,” ujar Noel, dikutip dari Fajar, Selasa (8/6).


Sebut Korupsi Saat Ini Lebih Gila dari Zaman Orde Baru, Mahfud Md: Semua Bisa Korupsi Sendiri-sendiri

Noel kemudian mengungkapkan sistimik korupsi di Kementerian dan di sekeliling lingkaran Presiden.

“Di tingkat kementerian dari jual beli jabatan oleh para staf ahlinya sangat terbuka,” jelasnya.

Dia menjelaskan alasan virus korupsi mewabah. Pertama, terang Noel, mereka sadar masa kekuasaan akan berakhir dan harus mempersiapkan diri untuk masa pensiun.

“Kedua, bersiap siap menghadapi Pilpres 2024 hukuman yang relatif ringan dan merasa memiliki jaringan dengan penguasa,” kata dia.

Menurut Noel, perilaku korupsi di Kementerian relatif samar-samar. Tindakan korupsi memang bisa tercium tapi tidak terang benderang.

“Beda dengan di daerah. Jelas jual beli proyek sangat massive untuk mendapatkan 1 pekerjaan PL, harus setor DP 20 persen. Nah itu beda lagi kalau kerjaan selesai,” cetusnya.

Penghina Presiden Bakal Dijerat Pidana, KSP: Untuk Jaga Wibawa dan Kehormatannya

Halaman: 
Penulis : Iskandar