logo


AS Tingkatkan Keamanan Perbatasan untuk Bendung Gelombang Imigran Gelap

Wakil presiden AS mengatakan bahwa pihaknya akan meningkatkan penjagaan di wilayah perbatasan guna mencegah masuknya imigran ilegal

8 Juni 2021 13:30 WIB

Imigran Ilegal yang mencoba masuk ke wilayah AS dengan memanjat tembok perbatasan AS-Meksiko
Imigran Ilegal yang mencoba masuk ke wilayah AS dengan memanjat tembok perbatasan AS-Meksiko istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden AS Kamala Harris pada Senin (7/6) telah memulai kunjungan diplomatiknya selama tiga hari ke Guatemala, Honduras dan El Salvador, guna membahas mengenai upaya penanganan krisis imigran gelap ke AS.

Dalam sebuah konferensi pers bersama Presiden Guatemala Alejandro Giammattei, Harris mengatakan bahwa sangat penting untuk menggagalkan rencana penduduk dari Guatemala, El Salvador dan Honduras untuk melakukan migrasi secara ilegal ke AS.

"Amerika Serikat akan terus menegakkan hukum dan mengamankan perbatasan kami," kata Harris, dikutip AL Jazeera.


Bertemu Vladimir Putin, Joe Biden Bakal Ditemani Menlu AS

"Jika anda (imigran gelap) datang ke perbatasan kami, anda akan kami putar balik," tambahnya.

Seperti diketahui, pemerintahan Presiden Joe Biden yang resmi dilantik pada Januari lalu, mendapat tekanan dari berbagai pihak untuk segera menghentikan gelombang imigran gelap yang mayoritas datang dari negara-negara di kawasan Amerika Tengah. Imigran gelap tersebut terpaksa melakukan perjalanan jauh ke AS untuk melarikan diri dari kemiskinan, meningkatnya tindak kekerasan dan korupsi yang terjadi di negaranya.

"Presiden (Joe Biden) dan saya telah sepakat untuk melanjutkan upaya kita dalam mengatur migrasi di perbatasan Guatemala bagian utara dan selatan," lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pemerintah AS akan membantu dalam pembentukan satuan khusus untuk menangani aksi penyelundupan dan penjualan manusia, begitu juga dengan satgas anti-korupsi di ketiga negara tersebut.

Rusia Blacklist Sembilan Individu Asal Kanada, Ottawa: Tidak Bisa Diterima

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia