logo


Sebut Korupsi Saat Ini Lebih Gila dari Zaman Orde Baru, Mahfud Md: Semua Bisa Korupsi Sendiri-sendiri

Mahfud sebut praktik korupsi di zaman Orba hanya dilakukan oleh orang yang berkuasa dan orang yang berada dilingkungannya.

8 Juni 2021 06:00 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai bahwa praktik korupsi pada era saat ini semakin gila. Bahkan, menurutnya lebih gila dari praktik korupsi yang dlakukan pada masa orde baru.

"Karena kenyataannya sekarang ini saja, sekarang, hari ini, korupsi itu jauh lebih gila dari zaman Orde Baru," kata Mahfud dalam tayangan video di akun YouTube resmi milik Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (7/6).

Bukan terkait jumlah dana yang dikorupsi, Mahfud mengatakan bahwa semakin gilanya praktik korupsi ditandai dengan semakin meluasnya para elite yang terjerumus dalam tindakan terlarang tersebut.


Ungkap Celah Korupsi Pemilu 2024 Terbuka Lebar, Eks Jubir Sebut KPK Hanya Jadi Alat Menghajar Lawan Politik

Mahfud lantas mengungkapkan bahwa praktik korupsi di zaman pemerintahan Presiden RI ke-2 Soeharto hanya dilakukan oleh orang yang berkuasa dan orang yang berada dilingkungannya.

"Ingat enggak, dulu nggak ada korupsi dilakukan oleh DPR hakim enggak berani dulu, Gubernur, Pemda Bupati, nggak berani. Dulu korupsinya terkoordinir," ujarnya.

Namun pada saat ini, kata Mahfud, semua orang baik dilingkup pemerintah daerah, pemerintah pusat, maupun elite politik bisa melakukan praktik korupsi tanpa punya rasa malu.

"Sekarang lihat ke DPR korupsi sendiri, Mahkamah Agung, hakimnya korupsi sendiri, Mahkamah Konstitusi, Gubernur, Kepala Daerah, DPRD semua korupsi sendiri-sendiri," lanjutnya.

Andi Arief Berharap Mahfud Md Cegah Presiden 3 Periode

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati