logo


KPK Sebut Terlalu Jauh Kaitkan TWK dengan Pemilu 2024

Eks Jubir KPK, Febri Diansyah, menyebut pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) ada kaitannya dengan agenda politik 2024.

7 Juni 2021 20:00 WIB

Juru Bicara KPK Ali Fikri
Juru Bicara KPK Ali Fikri jawapos

JAKARTA, JITUNEWS.COM - KPK menanggapi pernyataan mantan juru bicara KPK, Febri Diansyah, yang menyebut pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) ada kaitannya dengan agenda politik 2024.

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, menyebut terlalu jauh mengaitkan TWK dengan Pemilu 2024.

"Terlalu jauh jika mengkaitkan pelaksanaan TWK bagi seluruh pegawai tetap maupun tidak tetap KPK ini dengan kontestasi politik 2024," kata Plt Juru Bocara KPK Ali dalam keterangannya, Senin (7/5).


Juliari Perintahkan Potong Fee Bansos Covid-19 Rp11.000

Ali mengatakan bahwa KPK tidak akan melanggar ketentuan undang undang. Ali mengatakan bahwa independisi adalah hal mutlak bagi lembaga penegak hukum.

"Hingga saat ini Independensi itu masih menjadi prinsip kerja kami sebagaimana amanat UU KPK," ujarnya.

Ali mengatakan bahwa KPK tidak melihat latar belakang sosial dan politik dalam menangani kasus korupsi.

Sebelumnya, Febri menyebut terbuka celah korupsi menjelang momentum politik 2024. Menurutnya, dengan dinonaktifkannya puluhan pegawai KPK karena tidak lolos TWK bukan tidak mungkin KPK dijadikan alat untuk kepentingan tertentu.

"Sehingga kita sering bilang ini bukan soal 75 saja. 75 itu adalah poin penting yang kita perjuangkan, tetapi ada yang lebih besar yaitu independensi KPK karena ini bisa ke mana-mana risikonya," kata Febri, Minggu (6/6).

Soal Pilpres, Puan Maharani: Saya Enggak Pernah Bisikin Ketum

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata