logo


Juliari Perintahkan Potong Fee Bansos Covid-19 Rp11.000

Eks Mensos Juliari meminta potong fee bansos dari vendor penyedia bahan bansos sebesar Rp11.000 per paket.

7 Juni 2021 16:20 WIB

Juliari P Batubara
Juliari P Batubara Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) bansos Corona, Matheus Joko Santo, mengaku diminta untuk memungut fee bansos dari vendor penyedia bahan bansos sebesar Rp11.000 per paket.

"Bap102, bahwa terkait perintah penarikan fee Rp 10 ribu per paket dan Rp 1.000 per paket untuk operasional dapat saya jelaskan sebagai berikut, awalnya saat tahap 3 berlangsung Adi Wahyono selaku KPA menyampaikan ke saya untuk kumpulkan fee Rp 10 ribu per paket untuk mensos, dan uang fee operasional senilai Rp 1.000 per paket untuk pengadaan bansos Covid-19. Saudara Adi Wahyono menyampaikan yang bersangkutan terima arahan Mensos Juliari," papar jaksa membacakan BAP yang dibenarkan Joko saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/6).

Perintah tersebut disampaikan oleh eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara kepada KPA bansos Adi Wahyono lalu diteruskan perintah tersebut kepada Joko.


Minta Wamenkumham Tak Umbar Soal Hukuman Mati, Pengacara Juliari: Itu Overcriminalization

"Waktu itu kita laporkan juga, Pak Adi laporkan langsung disampaikan secara umum saja bahwasanya terkait dengan pembayaran biaya-biaya operasional juga terkait penyerahan uang ke Pak Dirjen, Pak Adi, saya dan PPK secara umum disampaikan saat itu," kata Joko.

Joko menjelaskan bahwa uang Rp10 ribu untuk Juliari, sedangkan Rp1.000 untuk operasional Juliari dan tim seperti menyewa private jet ke daerah kunjungan kerja.

"Secara umum kami diperintahkan bayar biaya-biaya operasional Pak Juliari, tim, dan kegiatan pak. Seperti membayar sewa jet, kemudian ada juga hal kecil lainnya membayar swab, dan membuat seragam untuk ajudan Pak Eko Budi Santoso," katanya.

"Sehingga di putaran pertama, jumlah rekapitulasi fee setoran dari tahap 1, 3, komunitas, 5, dan 6 adalah Rp 14,015 miliar untuk fee setoran, dan yang sudah diserahkan sebanyak 5 kali ke Pak juliari adalah Rp 11,2 miliar," paparnya.

Joko mengaku menyerahkan fee tersebut ke Adi Wahyono, tidak langsung ke Juliari. Kemudian, Adi menyerahkan uang tersebut melalui ajudan Juliari, Eko Budi Santoso dan Sespri Juliari, Selvy Nurbaeti.

"Saya serahkan ke Pak Adi, Pak Adi serahkan ke Pak Eko atau Bu Selvi," kata Joko.

Seperti diketahui, Juliari didakwa menerima uang suap Rp32,4 miliar terkait bansos dalam rangka penanganan Covid-19 di Kemensos.

Sesalkan Juliari-Edhy Prabowo Divaksin Duluan, ICW: Mereka Bukan Garda Terdepan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata