logo


Pemberangkatan Haji 2021 Batal Bukan karena Covid-19, Rizal Ramli: Ada Tagihan yang Harus Dibayar Pemerintah Indonesia

Haji 2021 batal berangkat lantaran pemerintah belum membayar tagihan kepada Arab Saudi.

6 Juni 2021 04:30 WIB

Rizal Ramli
Rizal Ramli ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ekonom senior Rizal Ramli menyebut dana haji ditilap untuk mendanai proyek infrastruktur. Pernyataan tersebut disampaikan eks Menteri Keuangan ini ketika berbincang dengan pelawak, Tubagus Dedi Suwendi Gumelar alias Miing Bagito dan Gigin Praginanto.

Sebagaimana video yang dibagikan akun Twitter @kh_notodiputro, Miing mengatakan Indonesia tidak termasuk negara yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

“Tidak boleh masuk Saudi Arabia untuk berhaji, kita tidak masuk di dalamnya, kebayang gak dalam sejarah peradaban di Indonesia, negara yang mayoritas Islam terbanyak di Indonesia, tapi tidak bisa menjalankan ibadah haji,” kata Miing.


Pendatang dari Luar Negeri Diijinkan Masuk ke Perancis, Asalkan...

Menanggapi hal itu, Rizal Ramli mengatakan masyarakat Indonesia tidak bisa melaksanakan ibadah haji bukan karena ancaman Covid-19. Menurutnya, haji 2021 batal berangkat lantaran pemerintah belum membayar tagihan kepada Arab Saudi.

“Memang itu luar biasa, kita dilarang bukan hanya karena Covid, tapi ada tagihan-tagihan yang harus dibayar, pemerintah Indonesia belum bayar,” tutur Rizal Ramli, dalam video 1 menit 32 detik itu.

“Sebetulnya ini sudah luar biasa. Saya tadi pagi baca berita, kaget saya, 95 persen dana penjaminan nasabah di LPS dibelikan obligasi pemerintah,” jelasnya.

Calon Haji RI Batal Berangkat, Arie Untung: Allah Buka Pintu Surga untuk Negara Lain, Kita Gak Termasuk?

Halaman: 
Penulis : Iskandar