logo


Pakar Virus AS Minta China Rilis Rekam Medis Para Peneliti di Laboratorium Wuhan

Dr Antony Fauci meminta China merilis daftar riwayat kesehatan para peneliti yang bekerja di laboratorium virus di Wuhan untuk membuktikan apakan penyebaran virus Covid-19 berasal dari kebocoran laboratorium

5 Juni 2021 15:00 WIB

Ilustrasi Laboratorium Virus
Ilustrasi Laboratorium Virus istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pakar penyakit menular Amerika Serikat, Dr Antony Fauci, meminta pemerintah China untuk merilis catatan medis tiga dari sembilan orang yang mana gejala penyakitnya kemungkinan menjadi petunjuk vital untuk membuktikan apakah virus Covid-19 pertama kali menyebar karena adanya kebocoran fasilitas laboratorium.

"Saya ingin melihat catatan medis dari tiga orang yang dilaporkan jatuh sakit pada 2019. Apakah mereka benra-benar sakit, dan jika demikian, apa yang menyebabkan mereka sakit? kata Fauci, dikutip Financial Times, dilansir dari Reuters.

Asal usul virus Covid-19 sejauh ini masih terus dipertanyakan, dimana sejumlah badan intelejen AS terus memeriksa laporan yang menyebut bahwa beberapa peneliti di laboratorium virus Wuhan mengalami gejala infeksi satu bulan sebelum kasus Covid-19 pertama dilaporkan pada Desember 2019.


WHO Bilang Anak-anak Bukan Prioritas dalam Program Vaksinasi Covid-19

Namun, para peneliti dan pejabat China selama ini membantah hipotesis terkait kebocoran laboratorium tersebut, dan menyatakan bahwa virus Covid-19 kemungkinan muncul di wilayah lain sebelum akhirnya menyebar ke Wuhan. Mereka meyakini jika virus tersebut masuk ke China melalui perdagangan satwa liar atau makanan beku impor.

Sementara itu, juru bicara Kemenlu China, Wang Wenbin, menolak berkomentar terkait permintaan Fauci tersebut, namun ia dengan tegas membantah adanya kebocoran pada fasilitas laboratorium Wuhan.

Wang menegaskan bahwa China menganggap bahwa hipotesis mengenai kebocoran laboratorium tersebut merupakan "teori konspirasi".

Buntut Insiden Pendaratan Darurat Ryanair, Uni Eropa Blokir Semua Maskapai Belarus

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia