logo


Gawat, Otoritas Victoria Deteksi Varian Covid-19 Delta di Melbourne

Otoritas negara bagian Victoria, Australia mengatakan bahwa pihaknya telah mendeteksi sebuah varian baru Covid-19 yang mereka sebut sebagai varian Delta

4 Juni 2021 19:17 WIB

Virus Corona Covid-19
Virus Corona Covid-19 kompas.com

MELBOURNE, JITUNEWS.COM - Otoritas negara bagian Victoria pada Jumat (4/6) menyatakan bahwa mereka telah mendeteksi sebuah varian baru Covid-19 yang mereka sebut sebagai varian Delta, dalam kasus infeksi Covid-19 yang terjadi di Melbourne.

Varian Delta, yang sebelumnya telah diklasifikasikan oleh WHO sebagai bagian dari empat varian mutasi virus Covid-19 yang lebih mudah menyebar dan ditularkan, kemungkinan besar merupakan penyebab utama gelombang peningkatan kasus infeksi di India.

"Ini adalah sebuah varian yang sangat mengkhawatirkan," kata Kepala Lembaga Kesehatan Negara Bagian Victoria, Brett Sutton kepada para wartawan di Melbourne.


Mantan Direktur CDC AS Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Sebut Covid-19 Berasal dari Laboratorium

Sutton mengatakan bahwa varian baru virus tersebut tidak terkait dengan infeksi Covid-19 yang muncul di seluruh wilayah Australia.

"Faktanya, ini merupakan varian virus yang berbeda dari kasus-kasus (infeksi) lain, artinya varian ini tidak berkaitan (dengan varian Covid-19 lain), dalam hal penularan," tambahnya.

Varian Delta pertama kali terdeteksi pada dua kasus infeksi Covid-19 di sebuah keluarga di Melbourne yang sebelumnya melakukan perjalanan ke negara bagian New South Wales pada dua pekan lalu, dimana mereka kemungkinan besar juga telah mengunjungi sejumlah lokasi pariwisata di negara bagian tersebut.

Oleh sebab itu, Sutton meyakini jika varian Delta tersebut sudah menyebar di wilayah New South Wales. Untuk itu, ia menyarankan agar pemerintah negara bagian tersebut segera melakukan pemeriksaan dan pelacakan.

 

China dan Pakistan Siap Bantu Pemulihan Perdamaian di Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia