logo


Sempat Terlibat Sengketa LCS, Vietnam dan China Jalin Kerja Sama Militer

Vietnam dan China mulai menjalin hubungan kerja sama guna meredakan ketegangan di wilayah Laut China Selatan

4 Juni 2021 16:00 WIB

Presiden China Xi Jinping (kanan) dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc
Presiden China Xi Jinping (kanan) dan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc Sputniknews

BEIJING, JITUNEWS.COM - Para petinggi Angkatan Laut China dan Vietnam telah mencapai kesepakatan untuk meningkatkan kerjasama militernya sebagai bagian dari upaya meredakan tensi hubungan kedua negara di Laut China Selatan tersebut.

Rear Admiral Tran Thanh Nghiem, Komandan Angkatan Laut Vietnam pada pekan lalu sudah menggelar pembicaraan dengan Admiral Shen Jinlong, Komandan AL China secara online guna membahas mengenai hubungan militer kedua negara sosialis tersebut, terlebih belakangan ini terlibat persengketaan di Laut China Selatan.

Menurut Kementerian Pertahanan Vietnam, "kedua pihak sepakat untuk saling berbagi informasi terkait situasi di wilayah perairan dan isu-isu yang menjadi kekhawatiran bersama, dan menyusun mekanisme patroli gabungan di wilayah Teluk Tonkin."


Rusia Identifikasi Dua Kasus Pertama Infeksi Virus Flu Burung ke Manusia

Pertemuan tersebut dilakukan beberapa hari setelah Presiden China Xi Jinping berbincang dengan Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc melalui sambungan telepon, dimana kedua pihak berniat untuk meningkatkan kerja sama di sejumlah sektor.

"Kedua pihak harus melanjutkan untuk menggunakan sebuah perspektif strategis jangka panjang untuk melihat hubungan antara kedua negara, (serta) untuk memperkuat hubungan China-Vietnam di arah yang benar," kata Xi Jinping.

"Partai Komunis dan pemerintah China secara tegas akan mematuhi kebijakan persahabatan dengan Vietnam, dan kami menghargai kepemimpinan baru Vietnam karena terus memprioritaskan hubungan luar negeri dengan China,” tambahnya.

Jelang Pertemuan Putin-Biden, Hubungan Moskow-Washington Bakal Membaik?

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia