logo


Tips Praktis Menanam Jambu Madu

Media tanam jambu madu juga tidak membutuhkan ruang yang besar

6 Mei 2015 10:16 WIB

Jambu Madu Deli (Ist)
Jambu Madu Deli (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Merawat jambu madu deli sebenarnya tidak sulit. Selama mau menyisihkan waktu paling tidak 2 jam setiap hari, dapat dipastikan buah jambu madu dapat berbuah sesuai dengan harapan. Media tanam jambu madu juga tidak membutuhkan ruang yang besar. Di halaman rumah sendiri bisa digunakan untuk berkebun jambu madu dengan teknik tabulampot.

Lalu bagaimana agar buah jambu madu deli dapat berbuah dengan kualitas yang tinggi? Berikut tips yang sudah dirangkum oleh JITUNEWS dari berbagai sumber.

  • Untuk mendapatkan buah yang berkualitas bagus, pemilihan bibit adalah hal utama yang harus dilakukan. Kita harus benar-benar pandai memilih bibit buah jambu madu yang berkualitas sangat baik.
  • Menanam buah jambu madu dapat menggunakan tabulampot, dan ini merupakan cara terbaik yang dilakukan oleh pekebun buah jambu madu. Kelebihan dari teknik ini adalah tidak perlu memerlukan lahan yang luas, pohon yang dihasilkan lebih pendek, lebih mudah dalam perawatan hariannyaserta lebih memudahkan pada saat pemanenan.
  • Setiap pohon jambu madu yang ditanam, diberi jarak sekitar 2,5 sampai 3 meter agar pertumbuhan pohon tidak saling mengganggu.
  • Lakukan penyiraman pohon pada pagi dan sore hari, namun bila cuaca sangat panas maka intensitas penyiraman dapat dilakukan setiap 3 sampai 4 kali sehari. Penyiraman  dapat dilakukan dengan teknik manual atau melalui irigasi tetes atau dengan kran otomatis.
  • Pemupukan dapat dilakukan seminggu sekali dengan campuran pupuk NPK dan pupuk kandang namun jangan sampai terkena batang pangkal. Namun apabila sedang berbuah maka intensitas pemberian pupuk dapat ditambah menjadi seminggu 2 kali.
  • Untuk mendapatkan buah dengan kualitas yang sangat bagus, penanganan terhadap hama juga perlu dilakukan, salah satu cara yang paling ampuh dilakukan adalah dengan memasang kerambu untuk menghindari serangga perusak. Selain itu, juga dapat membungkus buah jambu madu dengan plastik yang sebelumnya telah dilapisi dengan koran, untuk mencegah ulat dan serangga lainnya.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya buah jambu madu bisa berbuah sepanjang tahun selama mendapatkan perawatan yang tepat. Nah, Anda tertarik membudidayakannya?


Jurus Jitu Menanam Cabai dalam Polybag

Cek! Ini Jurus Jitu Membuat Pestisida Nabati dari Bawang Putih

Halaman: 
Penulis : Aditya Wardhana, Riana