logo


Pedoman Jitu Budidaya Ikan Belida

Induk yang bisa dipijahkan adalah yang umurnya sudah mencapai 23 tahun

6 Mei 2015 09:58 WIB

Ikan Belida (Ist)
Ikan Belida (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ikan belida atau clown knifefish adalah ikan air tawar yang memiliki bentuk tubuh yang unik, sekilas mirip dengan black ghost. Ikan belida selain bisa di jadikan ikan konsumsi juga dapat dijadikan ikan hias karena bentuk tubuhnya yang unik. (Baca juga Mengenal Sosok Ikan Belida, Si Bahan Pempek yang Terancam Punah)

Sebelum melakukan budidaya ikan belida, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis kelaminnya. Ikan belida betina memiliki sirip perut relatif pendek dan tidak menutup bagian urogenital, alat kelamin berbentuk bulat. Ketika birahi (matang gonad), bagian perut membesar dan kelamin memerah. Sementara belida jantan memiliki sirip perut lebih panjang dan menutup bagian urogenital, alat kelamin berbentuk tabung, ukuran lebih kecil daripada betina. Jika jantan siap pijah alat kelamin memerah dan mengeluarkan cairan putih (sperma) jika diurut.

Berikut Ini beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman dalam membudidayakan ikan belida :


Isi Masa Transisi Peralihan Cantrang, KKP Lakukan Hal Ini

  • Induk dipelihara dalam akuarium berukuran  1,5 x1 x1,2 m dengan ketinggian  air 1 m.
  • Dalam pematangan gonad induk diberi pakan berupa udang segar atau anak ikan mas sekitar  5% dari berat badan per hari. Pakan tersebut diberikan dua kali dalam 1 hari yaitu pagi dan sore. Jumlah pakan sebaiknya lebih banyak diberikan pada sore hari.
  • Induk  yang bisa dipijahkan adalah yang umurnya sudah mencapai 2–3 tahun, atau panjangnya antara 40–50cm.
  • Belida Sumatera atau Kalimantan siap mijah berukuran berat antara 1,5-5 kg dengan panjang 55cm. Sementara induk belida bangkok sudah bisa dipijahkan  berukuran berat  ± 0,8 kg dan panjangnya ± 50cm.
  • Dalam pemijahan ikan belida memerlukan substrat sebagai tempat menempelkan telur. Subtrat  yang digunakan berupa  batang kayu yang berukuran diameter  15–20cm dan ketinggian  ± 20 cm. Proses ini dimulai dengan pasangan induk matang gonad mulai berdempetan satu sama lain.

KKP Klaim Realisasi Kinerja Pembangunan Perikanan Budidaya Triwulan I Tahun 2017 Berjalan Positif

Halaman: 
Penulis : Agung Rahmadsyah, Riana
 
×
×