logo


Presiden Korsel Didesak Segera Bebaskan Anak Bos Samsung

Para petinggi sejumlah perusahaan Korea Selatan meminta Presiden Moon Jae-in untuk segera membebaskan wakil kepala Samsung yang sudah dijatuhi hukuman penjara selama 30 bulan

2 Juni 2021 20:00 WIB

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in VoA

SEOUL, JITUNEWS.COM - Sejumlah pemimpin komunitas konglomerat Korea Selatan pada Rabu (2/6) mendesak Presiden Moon Jae-in untuk segera memberikan pemotongan masa tahanan bagi Jay Y Lee, wakil bos Samsung Electronics, guna mempertahankan sektor industri chipset Korea Selatan.

Permohonan yang disampaikan dalam sebuah acara jamuan makan siang yang dihadiri oleh Presiden Moon dengan para petinggi dari empat perusahaan Korea Selatan, yakni Samsung, Hyundai, LG dan SK tersebut bertujuan untuk mendongkrak kerja sama ekonomi, usai Presiden Moon dan Presiden Joe Biden sepakat untuk meningkatkan rantai pasokan global untuk komoditas high-tech.

Lee, 52 tahun, diketahui merupakan anak dari bos Samsung yang merupakan produsen chip memory terbesar, telah dijatuhi hukuman penjara selama 30 bulan usai terbukti melakukan sejumlah tindak kejahatan seperti kasus penyuapan, penggelapan dana, dan beberapa kasus lain.


AS-Ukraina Gelar Latihan Tempur di Laut Hitam, Rusia Siaga Satu

Juru bicara kepresidenan Par Kyung-mee mengatakan bahwa dalam kesempatan tersebut, Kepala SK Grup Chey Tae-won meminta Presiden Moon untuk mempertimbangkan sebuah petisi terkait pembebasan Lee yang sudah diSerahkan kepada pemerintah Korea Selatan pada April lalu. Petisi tersebut ditanda-tangani oleh lima perusahaan lobi termasuk Kepala Kamar Dagang dan Industri Korea yang juga dikepalai oleh Chey.

Park menambahkan bahwa Moon sendiri mengatakan bahwa dirinya memahami kesulitan yang dihadapi oleh sejumlah perusahaan tersebut. Meski demikian, sang presiden tidak menjelaskan secara rinci terkait apakah dirinya akan mengabulkan permintaan tersebut.

Sempat Berkunjung ke Indonesia, Kapal Terbesar Milik AL Iran Tenggelam di Teluk Oman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia