logo


SehatQ Sediakan Online Screening untuk Vaksin Gotong Royong

Pemerintah akhirnya mengajak swasta untuk membantu menyelesaikan pandemi Covid 19 di Indonesia

1 Juni 2021 06:15 WIB

SehatQ
SehatQ Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - SehatQ mendukung penuh upaya pemerintah untuk menuntaskan pandemi Covid 19 lewat program vaksin gotong royong. Salah satu bentuk dukungan terkait program ini adalah SehatQ siap melakukan online screening kepada seluruh calon peserta vaksinasi Covid 19.

Online screening merupakan layanan di mana SehatQ akan membantu melakukan pemeriksaan kesehatan dan kesiapan bagi calon penerima vaksin secara daring. Screening tidak hanya calon peserta yang sehat. Calon peserta vaksinasi yang memiliki masalah medis penyerta pun juga akan di-screening guna melihat kesiapan dan kemungkinan penerimaan vaksin Covid 19 bagi calon peserta tersebut.

Kegiatan ini tidak lain merupakan salah satu dari empat layanan pendukung vaksin gotong royong yang telah disiapkan oleh SehatQ. Di mana semua layanan tidak lain bertujuan untuk menyukseskan program vaksin gotong royong.


Positif Covid-19, Fadli Zon Jalani Isolasi di Rumah Sakit

“SehatQ memberikan dukungan melalui kehadiran tenaga kesehatan sebagai vaksinator untuk ribuan pekerja pada pelaksanaan vaksinasi. Selain itu, penerima vaksin juga bisa berkonsultasi lebih lanjut secara online melalui fitur Chat Dokter maupun Telekonsultasi dengan video di SehatQ, termasuk untuk mempersiapkan diri menerima dosis kedua,” Founder SehatQ, Linda Wijaya, menerangkan secara detail.

Keempat layanan yang disiapkan SehatQ untuk menyukseskan vaksin gotong royong adalah online screening, penyediaan tenaga kesehatan, pemantauan kondisi pasca-vaksinasi, serta laporan pelaksanaan vaksinasi.

Selain online screening, layanan kedua dari SehatQ adalah menyediakan tenaga kesehatan. Di mana para tenaga kesehatan yang disiapkan nantinya berperan sebagai vaksinator yang memberikan suntikan vaksin kepada calon peserta vaksinasi.

Lalu layanan ketiga berupa pemantauan kondisi kesehatan karyawan. Pemantauan dilakukan untuk melihat ada tidaknya kejadian ikut pasca imunisasi (KIPI) yang dialami oleh peserta vaksinasi. Pemantauan tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan lewat telekonsultasi. Nantinya hasilnya yang ada siap dilaporkan kepada dinas kesehatan setempat.

Adapun layanan yang keempat terkait vaksin gotong royong adalah laporan pelaksanaan vaksinasi. Laporan ini bisa diakses oleh perusahaan secara daring. Dengan demikian, perusahaan lebih mudah untuk memastikan seluruh karyawan mendapatkan vaksin Covid-19 tanpa perlu mengunjungi fasilitas layanan kesehatan.

Sebagai informasi, SehatQ merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital. Perusahaan yang sudah berdiri sejak November 2018 kini telah menjadi situs kesehatan kedua terpopuler di Indonesa. Tiap bulannya, platform SehatQ diakses oleh lebih dari 20 juta pengunjung.

Selain membuat layanan untuk menyukseskan program vaksin gotong royong, banyak layanan lain yang bisa diakses dari SehatQ. Beberapa di antaranya adalah chat dan video chat dokter, toko vitamin, dan obat online. Tidak hanya itu, platform konsultasi kesehatan online ini menyajikan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, sampai fasilitas kesehatan dan dokter.

Pemerintah akhirnya mengajak swasta untuk membantu menyelesaikan pandemi Covid 19 di Indonesia. Swasta diajak ikut serta untuk menyukseskan program vaksinasi nasional melalui vaksin gotong royong.

Untuk diketahui, program vaksin gotong royong tidak sama seperti program vaksinasi pemerintah. Perbedaan ada pada penyelenggara program ini yang diserahkan kepada swasta. Pelaksanaan dari program pun harus memakai fasilitas pelayanan kesehatan non milik pemerintah. Jenis vaksinnya juga tidak boleh sama dengan vaksin yang diberikan lewat pemerintah.

Kementerian Kesehatan sebelumnya sempat menyatakan, pelaksanaan vaksin gotong royong tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi program pemerintah. Ini kaena jenis vaksinnya tidak sama dengan yang digunakan pemerintah. Namun, tiap jenis vaksin gotong royong dipastikan harus mendapatkan izin atau persetujuan penggunaan darurat dalam bentuk EUA ataupun penerbitan nomor izin edar.

Di sisi lain, pemerintah akan tetap menetapkkan besaran tarif maksimal atas pelayanan vaksinasi gotong royong.

Fadli Zon Kena Covid-19, Dewi Tanjung Malah Ucapkan Selamat

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata