logo


Dinilai Tak Becus Tangani Pandemi, Ribuan Warga Brazil Minta Presiden Bolsonaro Mundur

Puluhan ribu warga Brazil menggelar aksi demo di beberapa kota memprotes langkah pemerintah yang dinilai gagal dalam menangani situasi wabah Covid-19

30 Mei 2021 08:40 WIB

Warga Brazil menggelar protes di sejumlah kota untuk meminta Presiden Jair Bolsonaro segera mengundurkan diri karena gagal menangani situasi pandemi Covid-19
Warga Brazil menggelar protes di sejumlah kota untuk meminta Presiden Jair Bolsonaro segera mengundurkan diri karena gagal menangani situasi pandemi Covid-19 AFP

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Puluhan ribu warga Brazil berunjuk rasa dan mengambil alih sejumlah ruas jalan di 16 kota di Brazil untuk memprotes sikap Presiden Jair Bolsonaro, yang selama ini dinilai tidak serius dalam menangani situasi wabah Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 450 ribu warga di negara Amerika Selatan tersebut.

Bolsonaro selama ini diketahui telah menghadapi gelombang kecaman dari berbagai pihak karena dirinya menolak memberlakukan aturan pembatasan sosial guna mencegah penyebaran wabah Covid-19. Bolsonaro menilai kebijakan pembatasan dan lockdown hanya akan membuat perekonomian Brazil terhenti dimana hal tersebut akan membuat masyarakat menjadi lebih sengsara.

Dengan membawa sejumlah spanduk bertuliskan "Bolsonaro out", para pengunjuk rasa juga meminta agar presiden Brazil itu segera mengundurkan diri atau dimakzulkan.


Presiden Kolombia Minta Militer Turun Tangan Atasi Gelombang Protes

"Kita harus menghentikan pemerintahan ini," kata Omar Silveira, seorang pebisnis yang ikut serta dalam aksi unjuk rasa di Rio de Janeiro kepada AFP pada Sabtu (29/5).

Sementara itu, Monica Yanakiew, salah satu reporter Al Jazeera melaporkan bahwa banyak dari para demonstran yang sebelumnya mendukung kebijakan Bolsonaro yang tidak memberlakukan kebijakan lockdown, kini justru menentang sikap Bolsonaro.

"Sudah tiba di sebuah titik dimana kini mereka (pendemo) mengatakan bahwa 'kami harus keluar dan menunjukkan bahwa ada ada sebuah gerakan menentang pemerintahan Bolsonaro'," kata Yanakiew.

Ia menambahkan jika sejumlah LSM dan partai sayap kiri Brazil juga hadir dalam aksi protes tersebut.

Pompeo Sebut Ada Proyek Militer China di Dalam Laboratorium Virus Wuhan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia