logo


Menhan AS Tegaskan Pihaknya Akan Terus Dukung Keamanan Israel

Menteri Pertahanan AS pada Jumat berbincang dengan Menhan Israel melalui sambungan telepon untuk menegaskan bahwa AS tetap mendukung keamanan Israel

29 Mei 2021 09:57 WIB

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin
Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin reuters

TEL AVIV, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Austin Lloyd menegaskan bahwa AS akan terus mendukung keamanan Israel. Hal tersebut ia sampaikan saat melakukan percakapan dengan Menteri Pertahanan Israel Benjamin "Benny" Gantz pada Jumat (28/5).

"Menteri Pertahanan AS Austin Lloyd pada siang ini telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Israel Benjamin 'Benny' Gantz," kata juru bicara Pentagon John Kirby dalam pernyataan tertulisnya.

"Menhan Austin menegaskan bahwa AS akan terus mendukung keamanan Israel," tambahnya.


Parlemen AS Siapkan RUU untuk Jatuhkan Sanksi terhadap Semua Pihak yang Mendukung Hamas

Kirby menambahkan bahwa Austin Llyod juga mengatakan bahwa AS mendukung upaya gencatan senjata dalam konflik Israel-Hamas untuk memastikan keamanan Israel.

Seperti diketahui, Hamas dan Israel terlibat pertempuran selama sebelas hari sebelum akhirnya pemerintah Mesir menginisiasi kesepakatan gencatan senjata pada 20 Mei lalu.

Sebelumnya, Kepala Komisi HAM PBB Michele Bachelet pada Kamis (27/5) mengatakan bahwa serangan roket yang dilancarkan oleh militer Israel ke wilayah Gaza secara konstitusional merupakan tindak kejahatan perang.

"Terlepas dari klaim Israel yang menyebut banyak gedung (di Gaza) menjadi markas kelompok bersenjata (Hamas) atau digunakan untuk tujuan militer, kami tidak melihat adanya bukti terkait klaim tersebut," kata Bachelet dalam sesi khusus di Dewan HAM PBB.

"Setiap roket yang ditembakkan oleh Israel (secara konstitusi) adalah sebuah tindak kejahatan perang," tambahnya.

Calon Wamenhan AS Minta Pentagon Tingkatkan Kemampuan Perang Gerilya Tentara Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia