logo


97 Ribu Data ASN Misterius, Komisi II Bakal Panggil KemenPANRB dan BKN

Komisi II belum menerima keterangan dari KemenPANRB dan BKN hingga saat ini.

25 Mei 2021 15:30 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM -  Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum lama ini mengungkapkan hal yang cukup mengejutkan terkait data Aparatur Sipil Negara (ASN). Disebutkan, sebanyak 97ribu data ASN misterius ditemukan. Artinya, gaji dan iuran pensiun dibayarkan tapi orangnya tidak ada.

Temuan itu diperoleh saat BKN memperbarui data ASN yang kedua kalinya pada 2014 lalu. Saat itu, pendataan sudah dilakukan secara elektronik oleh masing-masing ASN.

Menyikapi hal ini, Komisi II DPR RI bakal memanggil Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dan BKN untuk diminta klarifikasi soal data ASN fiktif tersebut.


Soal Data 97.000 PNS Misterius Tetap Terima Gaji, Sultan: Kok Bisa Negara Kebobolan

“Kita panggil minggu depan untuk mengklarifikasikan, memintai pertanggungjawaban,” kata Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (25/5).

Saan sendiri belum bisa menanggapi lebih lanjut terkait data misterius tersebut. Pasalnya, Komisi II belum menerima keterangan dari KemenPANRB dan BKN hingga saat ini.

“Itu kan tahun 2015 terkait soal data misterius, terkait dengan 97ribu PNS. Jadi itu sedang kita klarifikasi dan kita akan panggil BKN dan KemenPANRB,” ujarnya.

Soal Pembahasan RUU Landas Kontinen, LKKB: Patut Dicurigai

Halaman: 
Penulis : Iskandar