logo


Viral Wanita Diduga Bakar Quran di Jaksel, Muhammadiyah: Melukai Semua Umat Beragama

Dadang menilai bahwa pembakaran Al-quran adalah sebuah penghinaan

25 Mei 2021 08:30 WIB

Dadang Kahmad
Dadang Kahmad ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dadang Kahmad mengecam aksi seoarang wanita yang mencoret dan membakar Alquran di Jakarta Selatan. Dimana aksi tersebut menjadi perbincangan banyak pihak usai viral di media sosial.

"Itu kejahatan betul, itu kan kitab suci agama, jadi yang harusnya dihormati, kok dibakar? Apa dosanya itu kitab suci? Nggak ada dosanya. Jadi orang-orang seperti itu orang-orang gila, orang yang mungkin semacam kurang normal lah, kalau pun dia normal, tidak menghormati pemeluk agama," kata Dadang Kahmad, kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Dadang mengatakan bahwa pembakaran Alquran tidak hanya melukai umat Islam, namun juga melukai semua umat beragama. Pasalnya, setiap warga negara harus menghargai dan menghormati kitab suci.


Ngabalin Sebut Busyro Muqoddas Berotak Sungsang, Muhammadiyah: Merusak Citra Jokowi

"Melukai umat Islam, melukai semua agama. Itu kan kitab suci yang perlu dihormati, kita suci apapun perlu dihormati," ujarnya.

"Maka saya kalau itu ketahuan siapa pun yang nanti ketahuan, ya polisi harus menghukumnya. Karena itu bukan hanya melukai kaum muslim, melukai semua umat beragama. Karena kita saling menghormati, itu kan undang-undang atau konstitusi Indonesia disebutkan saling menghormati, Bhinneka Tunggal Ika," kata dia.

Lebih lanjut, Dadang menilai bahwa pembakaran Al-quran adalah sebuah penghinaan. Ia pun meminta agar pihak yang berwenang bertindak agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Kalau memang itu dibiarkan akan terjadi, mungkin membakar Injil, membakar Kitab Sutra, membakar kitab-kitab yang lagi gitu. Alquran itu kan kaum muslimin itu sangat dihormati, disimpannya itu secara apik, secara baik. Ini kok tiba-tiba dibakar. Makanya menurut saya untuk supaya orang lain tidak melakukan, maka ya itu harus diusut secara tuntas, ditegakkan hukum yang adil," pungkasnya.

 

Minta Camat dan Lurah Sigap Tangani Keluhan Warga, Gibran: Jangan Nunggu Viral di Medsos

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati