logo


Bolsonaro Disebut Lebih Pilih Herd-Immunity Alami daripada Vaksinasi Covid-19

Seorang senator Brazil menyebut Presiden Jair Bolsonaro tidak berniat untuk menjalankan program vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kondisi herd-immunity

23 Mei 2021 04:00 WIB

 Jair Bolsonaro
Jair Bolsonaro Istimewa

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Presiden Brazil Jair Bolsonaro disebut tidak pernah berencana untuk membeli vaksin Covid-19 dimana ia hanya menunggu kondisi herd-immunity terjadi secara alamiah. Hal tersebut disampaikan oleh seorang senator Brazil yang memimpin proses penyelidikan terkait langkah pemerintah dalam menangani situasi krisis Covid-19 pada Jumat (21/5).

Dalam sebuah wawancara, Senator Renan Calheiros mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk mengatakan jika Bolsonaro telah melakukan tindak kejahatan dalam langkah penanganan krisis kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat Brazil. Oleh sebab itu, diperlukan investigasi yang lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut.

"Saya pikir semua poin menunjuk ke arah tersebut," kata Calheiros, mengacu pada Bolsonaro yang lebih memilih kondisi herd-immunity secara alami daripada menggelar program vaksinasi Covid-19.


Kanada Perpanjang Pemblokiran Penerbangan Komersial dari India

"Pertama, presiden (Bolsonaro) menganggap remeh penyakit tersebut, menyebutnya sebagai sebuah flu biasa, lalu menolak kebijakan isolasi dan lockdown. Ia kemudian meremehkan penggunaan masker dan malah mendukung kerumunan," tambahnya.

"Mengapa demikian? Ini semua karena herd-immunity, imunitas alamiah...anda harus mendukung kerumunan dan penyebaran virus," lanjut Calheiros.

Calheiros mencatat bahwa selama ini Bolsonaro sangat lambat dalam mengeluarkan aliran dana yang diperlukan untuk membeli vaksin Covid-19 dari luar negeri.

"Ini sebabnya mengapa selama ini ia tidak pernah menginginkan vaksin," ujar Calheiros.

Sementara itu, menurut WHO, kondisi herd-immunity sendiri dapat terjadi saat sebuah populasi telah mendapatkan kekebalan terhadap sebuah penyakit, dimana hal itu bisa tercapai dengan cara alami yakni dengan sengaja membiarkan wabah menyebar luas atau dengan program vaksinasi.

Khamenei Minta Negara Islam Bantu Rakyat Palestina, Secara Militer Maupun Finansial

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia