logo


Joe Biden Yakin Konflik Israel-Palestina Bisa Diselesaikan dengan Cara Ini

Presiden AS menegaskan bahwa solusi dua negara tetap menjadi satu-satunya solusi yang paling efektif dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina

22 Mei 2021 11:17 WIB

Joe Biden
Joe Biden istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden Joe Biden pada Jumat (21/5) berjanji akan membantu upaya pembangunan kembali kota Gaza yang hancur dibombardir roket dan rudal Israel sejak pekan lalu.

"Kami akan melakukan ini sesuai dengan kerja sama kita dengan otoritas Palestina, bukan Hamas," tambahnya.

Biden juga menegaskan bahwa AS tetap berkomitmen terhadap keamanan Israel dan memperingatkan bahwa "tidak akan ada perdamian" hingga negara-negara di kawasan Timur Tengah mengakui Israel sebagai negara yang berdaulat.


Trump Digugat Lebih dari Rp 300 M Usai Menyebut Covid-19 Sebagai Virus China

Menurutnya, konflik Israel-Palestina dapat diselesaikan dengan merealisasikan ide solusi dua negara, yakni negara Palestina yang merdeka hidup berdampingan dengan Israel dan berbagi ibu kota yang sama, yakni Jerusalem.

"Tidak ada yang bergeser dalam komitmen saya terhadap keamanan Israel," kata Joe Biden.

"Tapi, saya katakan kepada anda apa yang mulai diubah. Perubahan adalah bahwa kita masih memerlukan solusi dua negara. Itu adalah satu-satunya jawaban," tambahnya.

"Saya percaya warga Palestina dan Israel memiliki hak yang setara untuk hidup dengan aman, bebas, makmur dan berada di dalam (sistem) demokrasi," tukasnya.

Antony Blinken Tegas Bilang AS Nggak Jadi Beli Greenland

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia