logo


Dukung Program Literasi Digital, Gibran Sebut Perlunya Perisai di Dunia Maya

Gibran Rakabuming menyampaikan perlunya literasi digital sebagai perisai dalam menyelami dunia maya.

21 Mei 2021 06:00 WIB

Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka Prokompim Pemkot Solo

SOLO, JITUNEWS.COM – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming turut berpartisipasi dalam webinar "Indonesia Makin Cakap Digital 2021“, bertempat di Alilla Hotel, Kamis (20/5). Program Literasi Digital Nasional dengan tema Indonesia Makin Cakap Digital merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Acara ini dihadiri Presiden RI, Joko Widodo, kepala daerah dari 34 provinsi, 415 kota/kabupaten dan 500.000 talent digital seluruh Indonesia secara virtual.

Dalam kesempatan, Gibran Rakabuming menyampaikan perlunya literasi digital sebagai perisai dalam menyelami dunia maya.


Perluas Kota Cerdas, Kominfo Jalin Kesepakatan dengan 48 Kepala Daerah

"Literasi digital adalah salah satu metode untuk menghadapi derasnya serangan-serangan siber. Kecakapan, keterampilan penggunaan media digital merupakan perisai tangguh saat berselancar di unsecure network. Program nasional literasi digital yang telah diluncurkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia merupakan solusi yang tepat jika diterapkan secara masif oleh pemerintah provinsi, kota dan kabupaten," jelas Gibran.

Gibran berharap peluncuran program ini dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang semakin cakap digital.

"Saya berharap digital yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo dapat merealisasi milestone yang ditargetkan sehingga cita-cita masyarakat Indonesia Cakap Digital dapat tercapai," pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo  mengarahkan untuk meningkatkan kecakapan masyarakat dalam menggunakan internet sehingga meningkatkan produktivitas.

"Isi ruang digital dengan konten-konten positif, banjiri terus dengan konten-konten possitif. Kita harus tingkatan kecakapan di masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik yang menyejukkan yang menyerukan perdamaian. Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat," ujar Jokowi.

Jokowi Soal Internet: Minimalkan Konten Negatif, Banjiri Terus dengan Konten Positif

Halaman: 
Penulis : Iskandar