logo


Jokowi Soal Internet: Minimalkan Konten Negatif, Banjiri Terus dengan Konten Positif

Konten negatif bisa mengancam persatuan bangsa.

20 Mei 2021 19:02 WIB

Joko Widodo
Joko Widodo Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan konten-konten negatif terus bermunculan di ruang digital. Hal itu dinilai dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Konten-konten negatif terus bermunculan. Kejahatan di ruang digital terus meningkat, hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual kepada anak, perundungan cyber, ujaran kebencian, Radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai. Karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Jokowi dalam acara Indonesia Makin Cakap Digital yang digelar secara virtual, Kamis (20/5).

Jokowi menyebut perlunya peran berbagai pihak dalam mengisi ruang digital tersebut dengan konten bermuatan positif. Menurutnya, hal itu bisa mengantisipasi hoaks maupun kejahatan siber lainnya.


Jokowi Sebut Provinsi Padang, Kepala Sekretariat Presiden Tegaskan Hanya Salah Ucap

“Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten negatif, membanjiri ruang digital dengan konten-konten positif. Banjiri terus, isi terus dengan konten-konten positif,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu mengimbuhkan, internet harus digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Dengan begitu, perekonomian masyarakat dapat berjalan lancar.

“Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat. UMKM naik kelas, perbanyak UMKM on boarding ke platform e commerce. Sehingga internet bisa membuat nilai tambah ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Kominfo Ajak Delegasi Ministerial WSIS Forum Kembangkan Masyarakat Digital

Halaman: 
Penulis : Iskandar