logo


Telepon Menlu Jerman, Blinken Tegas Bilang AS Menentang Proyek Nord Stream 2

Jalur pipa Nord Stream 2 nantinya akan menghubungkan Rusia dan Jerman dengan melewati sejumlah negara di sepanjang Laut Baltik

19 Mei 2021 10:00 WIB

Proyek Nord Stream 2
Proyek Nord Stream 2 istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Ned Price pada Selasa (18/5) mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Antony Blinken menegaskan kembali bahwa AS menentang pembangunan proyek jalur pipa gas Rusia-Jerman, Nord Stream 2, dan akan terus berupaya menggagalkannya. Pernyataan Blinken tersebut disampaikan langsung kepada Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, melalui sambungan telepon.

"Menteri (Antony) Blinken menggaris bawahi komitmen AS bekerja sama dengan negara-negara aliansi untuk menentang upaya Rusia merusak keamanan kolektif kami, (dan) menegaskan bahwa AS menentang (proyek) jalur pipa Nord Stream 2," kata Ned Price, dikutip Sputniknews.

Juru bicara menambahkan bahwa Blinken dan Maas juga membahas mengenai pentingnya kerja sama trans-atlantik untuk menghadapi ancaman dari Rusia dan China. Kedua diplomat tersebut juga membicarakan mengenai upaya menurunkan situasi ketegangan yang terjadi di Timur Tengah, khususnya konflik Israel-Palestina, serta penarikan pasukan militer dari Afghanistan.


Jadi Korban Kebrutalan Junta Militer, Lebih dari 800 Warga Sipil Myanmar Tewas

Sementara otu, media Israel, Axios, melaporkan bahwa pemerintah Amerika Serikat berencana untuk kembali menjatuhkan sanksi terhadap sejumlah pihak yang terlibat dalam pembangunan jalur pipa gas tersebut, termasuk sejumlah perusahaan dan jajaran direksi Nord Stream 2.

Australia Tetap Tak Ijinkan Warga ke Luar Negeri Meski Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia