logo


Teh Daun Sukun, Sehat Lho...

Dalam memasarkan teh daun sukun ini, Suhartono mengaku menggunakan jasa sosial media

5 Mei 2015 10:37 WIB

Teh dari daun sukun
Teh dari daun sukun

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada yang berbeda dari jenis teh yang satu ini. Jika biasanya teh dibuat dari pucuk daun teh maka yang ini dari daun sukun.

Adalah Suhartono, seorang warga Dukuhsari Purwomartani, Kalasan Yogyakarta yang memiliki ide untuk membuat inovasi teh dari daun sukun sebagai minuman yang berkhasiat.

"Awalnya kepikiran untuk membuat teh daun sukun ini karena di sekitar kami itu daun sukun banyak sekali. Kami berpikir untuk mengolahnya menjadi nilai ekonomis yang tinggi," katanya, Selasa (5/5) di Jakarta.


Jagung Transgenik, Produk Bioteknologi Pengundang Kontroversi

Suhartono bilang kalau teh daun sukun itu dibuat dari pucuk daun yang masih muda kemudian dicuci sampai bersih dan dirajang. Setelah itu dijemur di terik matahari selama dua hingga tiga hari. "Baru kemudian digiling dan dioven selama sekitar 15 menit pada suhu 70 derajat celcius," jelasnya.

Kemudian, setelah dioven, teh daun sukun siap diseduh dengan air panas dan langsung bisa dinikmati.Saat pertama mencoba hasil inovasi itu, Suhartono mengaku bahwa rasanya sangat menyegarkan dan hangat.

"Daun teh yang sudah dioven kemudian dikemas dengan kemasan isi 20 kantong kecil. Harganya sekitar Rp 20.000," katanya.

Dalam memasarkan teh daun sukun ini, Suhartono mengaku menggunakan jasa sosial media. Dari upayanya itu Suhartono berhasil menggaet pembeli dari Jakarta, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk konsumen biasanya sekali pesan 10 pak, sedang untuk agen biasanya 50 pak," lanjut Suhartono.

Menurut dia, teh daun sukun berkhasiat untuk mengatasi diabetes, stroke, asam urat, gagal ginjal, darah tinggi, inflamasi jantung, batu ginjal, dan kolesterol.

"Manfaat daun sukun itu sendiri berdasarkan penelitian LIPI (Tjandrawati), antara lain dapat menjaga jantung dari kerusakan sistem kardiovaskuler karena mengandung flavonoid dan sitosterol," katanya.

"Yang jelas teh 'Daun Sukun Lasyaka' yang kami produksi ini terbuat 100 persen dari daun sukun asli tanpa bahan pengawet sehingga manfaat dan khasiat daun sukun dapat diperoleh dengan mengonsumsinya," imbuhnya.

Teh Daun Sukun Laasyaka, demikian nama produk olahan Suhartono. Layak menjadi minuman kesehatan hingga terapi berbagai macam penyakit.

Teknologi Jitu Robot Khusus Pemanggil Walet

Halaman: 
Penulis : Ali Hamid
 
×
×