logo


Pemikiran Liberal Jadi Alasan Novel Cs Tak Lulus ASN, Direktur PJKAKI: Baru Berpikir Sudah Dihukum, Ini Melanggar HAM

75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK disebut bertentangan dengan pimpinan KPK.

17 Mei 2021 15:00 WIB

sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html
sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/kpk-tanggapi-pkpu-luluskan-eks-koruptor-maju-pilkada-2020-enggak-ada-yang-lain.html

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK, Sujanarko dan penyidik senior KPK Novel Baswedan baru saja menemui Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK Tumpak Hatarongan Panggabean. Mereka membahas terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk alih status menjadi paaratur sipil negara (ASN) KPK.

"Tadi ada satu testimoni dari salah satu Dewas Pak Tumpak Hatorangan yang mengatakan sebagian pegawai struktural itu ikut membuka dokumen-dokumen hasil TWK secara detail dan sudah saya konfirmasi ke yang bersangkutan di antaranya ada alasan-alasan yang tidak masuk akal," kata Sujanarko di Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK, yang juga kantor Dewas KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (17/5/2021).

Sujanarko yang juga merupakan pegawai KPK yang tidak lolos TWK menungkapkan dua alasan dirinya dan 74 pegawai KPK lainnya tidak lolos menjadi ASN KPK. Ia mengatakan para pegawai itu disebut bertentangan dengan pimpinan KPK.


Novel Baswedan dan 74 Pegawai KPK Laporkan Anggota Dewas KPK

"Selalu dianggap bertentangan dengan pimpinan, padahal yang bersangkutan belum pernah ada data pengaduan di PI (Pengawas Internal), belum pernah ada pemeriksaan etik internal," ujarnya.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK disebut memiliki pemikiran liberal. Ia pun menilai alasan tersebut tidak masuk akal dan termasuk pelanggaran HAM.

"Ada juga alasan seseorang itu dianggap punya pemikiran liberal. Bisa dibayangkan, orang baru berpikir itu sudah dihukum. Ini melanggar HAM ini," tandasnya.

 

Dinonaktifkan, Novel Baswedan: Sebisa Mungkin Bekerja

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati